Uang-Barang Penumpang Tertinggal di Kereta Tembus Rp10 Miliar

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 24 Okt 2024 20:05 WIB

KAI mencatat nilai duit dan peralatan penumpang nan tertinggal di kereta sekitar Rp10 miliar per September 2024. KAI mencatat nilai duit dan peralatan penumpang nan tertinggal di kereta sekitar Rp10 miliar per September 2024. (Foto: CNN Indonesia/Farida)

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat nilai duit dan barang penumpang nan tertinggal di kereta sekitar Rp10 miliar per September 2024.

Sejak Januari hingga September 2024, ada temuan 6.455 nan diamankan KAI, serta telah dimasukkan pada database sistem Lost and Found.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyebut jumlah temuan tahun ini meningkat drastis dibanding 2023, ialah 5.434 peralatan dengan perkiraan nilai Rp6,6 miliar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jenis item barang-barang berbobot nan diamankan seperti peralatan elektronik, perhiasan, arsip berbobot serta duit tunai," ungkap Anne dalam keterangan resmi, Rabu (23/10).

Ia menjelaskan sebagian besar peralatan tersebut sudah kembali ke pemilik. Sedangkan sisanya tetap KAI simpan lantaran belum diambil oleh pemilik barang.

Anne menyebut KAI mempunyai sistem jasa Lost and Found. Jadi penumpang nan merasa kehilangan alias tertinggal barangnya di dalam kereta alias stasiun bisa dapat melaporkan kepada petugas alias melalui Contact Center KAI 121 untuk ditindaklanjuti.

Selain itu, petugas announcer KAI secara rutin mengingatkan kepada penumpang agar menjaga peralatan bawaannya agar tidak tertinggal di stasiun alias di kereta.

"Barang bawaan pengguna merupakan tanggung jawab masing-masing. Namun demikian untuk memberikan jasa maksimal, petugas KAI bakal selalu berupaya membantu mengamankan peralatan tertinggal nan tetap ada di atas kereta api ataupun stasiun," ucap Anne.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com