Ingin Mata Lebih Sehat saat Main HP? Atur Fitur Ini di iPhone Kamu Sekarang Juga

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Seperti nan diketahui, iPhone mempunyai segudang fitur berfaedah untuk membantu keseharian pengguna. Namun, banyak orang nan belum mengetahui bahwa terdapat fitur di iPhone nan bisa membantu kesehatan penggunanya.

Fitur tersebut adalah Screen Distance, mengutip dari CNET, Jumat (31/5/2024), fitur ini bakal mengingatkan pengguna jika layar iPhone terlalu dekat dengan wajah. Fitur ini tersedia di sistem iOS 17.

Ketika mendeteksi wajah nan terlalu dekat, sistem bakal memunculkan peringatan untuk menjauhkan layar iPhone dengan wajah. Menurut Apple, fitur ini bakal mengurangi akibat myopia (rabun jauh).

Meskipun meletakkan layar di dekat wajah mungkin tidak membahayakan mata secara langsung, menurut organisasi jasa kesehatan Cedars-Sinai, perihal ini dapat membikin mata pengguna stres hingga menyebabkan iritasi.

Bagi Anda nan mau mengaktifkan fitur Screen Distance, simak tulisan ini sampai selesai.

Cara Aktifkan Screen Distance

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone kamu,
  2. Cari Screen Time,
  3. Buka menu Screen Distance.
  4. Saat menu Screen Distance dibuka, bakal muncul penjelasan mengenai fitur ini, lampau klik Continue.
  5. Setelah klik Continue, fitur Screen Distance telah aktif.

Ketika fitur ini diaktifkan, maka sistem bakal mendeteksi wajah pengguna secara pengguna memakai iPhone. Ketika wajah terlalu dekat, maka bakal muncul pesan nan menutupi seluruh pesan, berisikan "iPhone May Be Too Close", nan berfaedah iPhone kemungkinan terlalu dekat.

Pesan tersebut bakal terus muncul hingga pengguna menjauhkan iPhone dari wajah pengguna. Setelah ponsel dijauhkan, maka layar bakal memunculkan jika posisi layar sudah aman, lampau pengguna perlu mengetuk tombol Continue untuk menghapus pesan itu.

Baterai iPhone bisa mempunyai usia lebih panjang dalam pemaikaiannya dengan melakukan sejumlah tips berikut.*Ilustrasi visual dan audio konten video ini diolah dan dihasilkan oleh teknologi AI.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Matikan 2 Fitur IOS Ini Agar Baterai iPhone Kamu Makin Awet

Apple memberikan fitur krusial agar baterai iPhone dapat memperkuat lebih panjang. Salah satunya adalah fitur Optimized Charging di iPhone nan dapat mengoptimalkan pengisian daya ponsel untuk menjaga masa pakai.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menjaga baterai ponsel dengan menghindari suhu panas saat mengisi daya serta tidak menghabiskan daya baterai hingga kosong.

Kendati demikian, terdapat dua fitur di iPhone nan justru dapat menguras baterai lebih cepat.

Dalam tulisan ini Tekno Liputan6.com memberikan langkah untuk mematikan dua fitur nan ada di iPhone agar baterai iPhone kamu makin awet, sebagaimana dikutip dari CNET, Kamis (2/5/2024).

1. Hilangkan Widget di Layar Kunci iPhone

Semua widget nan terpasang di layar kunci memaksa aplikasi untuk melangkah di latar belakang. Aplikasi tersebut mengambil info secara terus-menerus untuk menampilkan info di Widget, seperti cuaca, skor pertandingan, alias pun info lainnya (tergantung widget nan digunakan).

Penggunaan widget tersebut mengakibatkan baterai iPhone Anda sigap terkuras.

Jika Anda mau menghemat baterai iPhone, Anda bisa menghapus widget nan terpampang di Lock Screen, berikut caranya:

  1. Tekan dan tahan layar kunci
  2. Klik Costumize
  3. Pilih opsi Lock Screen
  4. Ketuk widget nan terpasang di Lock Screen
  5. Lalu pencet tombol "-" untuk menghapus widget

2. Matikan Haptic Feedback di Keyboard iPhone

Keyboard di iPhone mempunyai fitur Haptic Feedback nan dapat memberikan kesan seperti mengetik di keyboard fisik.

Cara kerja Haptic Feedback adalah memberikan getaran setiap kali pengguna mengetik sesuati di keyboard iPhone. Fitur ini menghadirkan pengalaman pengetikan nan lebih mendalam.

Meski terlihat sederhana, namun Haptic Feedback dapat menguras baterai iPhone dengan sigap lantaran fitur ini mengaktifkan mesin getar di ponsel.

Menurut laman support resmi Apple, Haptic Feedback di keyboard iPhone bakal memengaruhi daya baterai di iPhone.

Kendati demikian, tidak ada rincian nan diberikan mengenai berapa banyak masa pakai baterai nan terkuras oleh Haptic Feedback.

Jika Anda mau menghemat lebih banyak daya di baterai iPhone, Anda bisa mematikan Haptic Feedback melalui langkah berikut:

  1. Buka Settings
  2. Pilih Sounds & Haptics
  3. Ketuk Keyboard Feedback
  4. Lalu Nonaktifkan Haptic

Dengan langkah ini, getaran pada keyboard saat diketuk bakal hilang, dan daya tahan baterai di iPhone Anda bakal lebih panjang.

Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

Untuk menjaga agar baterai lebih awet, produsen iPhone, Apple mengeluarkan peringatan serius kepada para pengguna iPhone. Peringatan ini mengenai dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya. 

Apple meminta agar pengguna tidak membiarkan perangkat mereka terhubung dengan charger semalaman namalain Apple mengingatkan pengguna tidak ngecas iPhone semalaman.

 Peringatan ini bukanlah tanpa alasan, lantaran rupanya kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman dapat membawa akibat jelek bagi kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Mengutip Apple Insider, dalam pedoman resmi nan dirilis oleh Apple, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas alias overheating. 

Pada gilirannya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat.

Oleh lantaran itu, Apple merekomendasikan pengguna untuk mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melampaui 80 persen kapabilitas baterai.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi