EF EFEKTA dan Fleksibilitas Kelas Bahasa Inggris untuk Dewasa

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Nigel S. mengajar bahasa Inggris di kelas online nan diadakan EF EFEKTA English for Adults. Pria asal United Kingdom itu tak segan mengulangi kata demi kata saat muridnya belum memahami apa nan dia ucapkan.

Proses belajar berjalan intim lantaran hanya mereka berdua di kelas. Topik nan dipelajari pada Kamis (19/9) pagi itu mengenai "preparing your resume". Sebagai seorang nan sedang mencari peran baru, siswa tersebut merasa topik ini begitu relevan.

Ini adalah pengalaman pertama baginya bisa belajar bahasa Inggris langsung dari orang nan betul-betul ahli. Sebagai seorang jurnalis, dia merasa keahlian berkata Inggris perlu terus diasah untuk menunjang profesinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah lebih dari 45 menit, kelas online itu pun berakhir. Nigel memberikan beberapa masukan melalui aplikasi maupun website EF English Centers. Rekaman video dan catatan selama kursus juga dicantumkan di laman tersebut.

"Saya menikmati kelas kita hari ini. Anda menggunakan frasa dan kosakata dari pelajaran tersebut," kata Nigel dalam komentarnya.

Di tempat terpisah, Arul sedang menunggu kelas offline di Center EF, The Plaza Office Tower, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Dia lebih senang belajar secara tatap muka. Menurutnya, suasana belajar di instansi EF mendukung untuk praktik berbincang bahasa Inggris secara langsung.

"Di sini ada English Speaking Zone, semua orang kudu berkata Inggris. Itu cukup melatih kita percaya diri dan menyusun kata-kata secara on the spot, itu nan dibutuhkan," kata Arul saat ditemui pada Kamis (24/10).

Menurutnya, kelas online EF EFEKTA juga mempunyai banyak keunggulan. Dia diuntungkan dengan agenda kelas online nan bisa diikuti kapan pun selama 24 jam. Selain itu para pengajarnya adalah penutur original bahasa Inggris alias native speaker dengan dialek nan beragam.

"Kita bisa pahami dialek bahasa Inggris dari banyak negara, seperti India, China, dan lain-lain. Itu jadi pengalaman buat kita," ujarnya.

Pemuda ini tampak antusias mengikuti kursus dari level Elementary. Apalagi profesinya sebagai IT Engineer mendorongnya untuk meningkatkan keahlian berkata Inggris. Dia merasa kemampuannya tetap jauh dari cukup.

Di Indonesia, ada banyak ahli dengan keahlian berkata Inggris nan rendah. Data dari EF English Proficiency Index (EPI) 2023 menyebut bahwa Indonesia berada di ranking ke-79 dari 113 negara dalam perihal keahlian berkata Inggris, dengan skor 469 nan menunjukkan kategori kemahiran rendah. Hal ini berasas hasil tes 2,2 juta orang dewasa di 113 negara dan kawasan.

Peringkat ini menjadi tantangan serius bagi ahli Indonesia untuk bersaing di kancah global. Bahkan di area Asia Tenggara, keahlian bahasa Inggris di Indonesia tetap perlu ditingkatkan jika dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti Singapura nan berada di ranking 2, Filipina ranking 20, Malaysia ranking 25, dan Vietnam ranking 58.

Mengenal EF EFEKTA

EF EFEKTA English for Adults adalah kursus bahasa Inggris nan disediakan unik dewasa dan profesional. Lembaga ini menargetkan proses pembelajaran efektif untuk memenuhi kebutuhan ahli nan beragam sesuai minat dan industrinya.

Marketing Director EF EFEKTA English for Adults Indonesia, Stefany Yacop mengatakan materi belajar dalam kursus ini didesain untuk memenuhi kebutuhan dan skenario keseharian orang dewasa maupun kalangan profesional.

"Topik spesifik industri seperti negosiasi, presentasi, perbankan, otomotif, perhotelan, aviasi sangat relevan untuk setiap perseorangan siswa kami dengan latar pekerjaan berbeda, namun juga dilengkapi dengan topik lebih general seperti travel," kata Stefany kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/10).

Topik lain nan tersedia di antaranya General English, Business English (negotiation, presentation, correspondence, business meeting, etc.), TOEFL/TOEIC/IELTS, dan Travel English.

Setiap siswa bebas memilih jadwal, topik dan akses belajar dengan pilihan kelas privat maupun grup. Kelas online bisa diakses 24 jam dari mana pun. Ada pula program hybrid, ialah kelas online maupun tatap muka di enam center nan tersedia di Jakarta dan Surabaya.

Tim pengajar EF EFEKTA berasal dari negara-negara berkata Inggris. Pengajar internasional itu tersedia di seluruh kelas privat dan grup online. Pengajar lokal juga siap sedia. Mereka mengantongi sertifikasi mengajar bahasa Inggris secara ahli (TEFL) dan terlatih menerapkan metode pembelajaran EF.

EF EFEKTA Method™ merupakan metode nan diterapkan di EF EFEKTA, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Metode ini terbukti efektif mendorong siswa untuk berkomunikasi aktif dan percaya diri di depan publik.

Dengan metode itu, siswa dibimbing melalui tahapan Learn-Try-Apply- Certify. Mereka belajar berdikari di aplikasi EF EFEKTA kapan pun dan dari gadget mana pun, kemudian masuk ke kelas privat dan grup nan didampingi oleh pengajar EF bersertifikat.

"Dengan lebih dari 3.000 jaringan pengajar online internasional nan tersertifikasi, setiap siswa dipaksa secara berjenjang untuk aktif berkomunikasi dalam kelas privat, membahas beragam topik industri tanpa takut membikin kesalahan," kata Stefany.

Di setiap kelas, pengajar bakal memastikan setiap siswa berani berkomunikasi membahas suatu topik seseuai level bahasa Inggris mereka.

Semua kelas EF EFEKTA diadakan secara "live", bukan rekaman. Ini untuk memastikan setiap siswa berperan-serta aktif berkomunikasi dengan bahasa Inggris di setiap sesi kelas. Selain melatih kefasihan berkomunikasi, tapi juga meningkatkan kepercayaan diri siswa di setiap kesempatan.

Di akhir kelas, sebagai corak pemantauan progess, EF EFEKTA Teacher™ bakal memberikan feedback tertulis nan dikirimkan langsung ke siswa, menyoroti kemajuan dan area nan perlu diperbaiki oleh siswa.

Setelah menyelesaikan unit belajar, sertifikat pun dapat diakses langsung oleh siswa melalui aplikasi belajar EF EFEKTA.

Stefany mengatakan elastisitas tanpa pemisah ini telah mengeliminasi halangan terbesar para ahli untuk belajar dan meningkatkan komunikasi bahasa Inggris.

"Dengan program EF EFEKTA, setiap ahli dengan waktu bekerja nan ketat alias tidak menentu dapat tetap mengikuti kelas online maupun tatap muka, sekaligus menambah networking di kelas Life Club (di center kami) maupun Group Lesson (online)," katanya.

Menurutnya, bahasa Inggris merupakan keahlian terpenting untuk menunjang promosi karier, danasiwa studi lanjutan, maupun pembuka kesempatan kerja di perusahaan multinasional.

Terus berinovasi

Pada 2023, EF EFEKTA meluncurkan Hyperclass Business dan menambah lama kelas Hyperclass 2x lipat dari 20 ke 40 menit, privat satu siswa didampingi satu pengajar internasional lantaran tingginya permintaan dan kemajuan nan sangat efektif bagi siswa.

Hyperclass adalah kelas online nan didesain secara imersif, menyajikan pengalaman belajar nan bergerak dan lebih nyata dalam pembelajaran bahasa Inggris. Setiap siswa bakal dibimbing secara privat oleh EF International Teacher selama 40 menit untuk membahas topik sesuai level bahasa Inggris siswa tersebut.

Dalam fitur Hyperclass, EF merancang format kelas nan mendukung orang dewasa dan ahli untuk selalu siap berkomunikasi dalam bahasa Inggris di segala situasi nan mungkin terjadi di kehidupan ahli maupun sehari-hari.

"Inovasi terus melangkah lantaran EF EFEKTA English for Adults meyakini untuk menciptakan pembelajaran nan efektif, kami kudu terus berinovasi dan beradaptasi dengan pesatnya teknologi," kata Stefany.

Dengan pengalaman mengajar selama 59 tahun, EF mencatat sedikitnya dua juta kelas dibuka tiap tahun dan 20 juta orang telah berasosiasi mengikuti kursus ini. Stefany menyampaikan saat ini EF EFEKTA English for Adults mempunyai lebih dari 10 ribu siswa aktif business to consumer (B2C) nan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka secara berdikari mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini.

"Mereka sadar bakal kebutuhan meningkatkan keahlian bahasa Inggris untuk mempersiapkan diri dari tahap first jobber nan mau sukses menguasai interview, pindah ke ke perusahaan multinational, percaya diri saat melakukan business presentation, promosi jabatan, maupun kebutuhan untuk lanjut danasiwa baik di dalam maupun luar negeri," ujarnya.

Catatan: Tulisan ini merupakan bagian dari Scholarship Program for Journalists nan diadakan oleh EF.

(pmg/stu)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com