Putri Tanjung Berbagi Kiat Sukses ke Pelaku UMKM di Era Serba Digital

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

tim | CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 19:25 WIB

Staf Khusus (Stafsus) Presiden sekaligus Sales Director CT Corp Putri Tanjung memberikan kiat alias tips sukses kepada pelaku UMKM di era serba digital. Staf Khusus (Stafsus) Presiden sekaligus Sales Director CT Corp Putri Tanjung memberikan kiat alias tips sukses kepada pelaku UMKM di era serba digital. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, CNN Indonesia --

Staf Khusus (Stafsus) Presiden sekaligus Sales Director CT Corp Putri Tanjung memberikan kiat alias tips sukses kepada pelaku UMKM di era serba digital.

Mulanya, Putri mengingatkan kepada para pelaku UMKM bahwa pada saat ini bumi tengah diterpa ketidakpastian. Menurutnya, banyak perihal nan berubah sangat cepat, termasuk permintaan, kebutuhan, hingga demografi nan semakin muda.

"Tapi di arah tidak pasti ini kita juga tahu bahwa teknologi semakin cepat, semakin berkembang, semakin besar. Jadi kita kudu bisa memanfaatkan itu dengan langkah nan baik," kata dia dalam rangkaian aktivitas casual talk FEKDI KKI di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertama, Putri mengingatkan bahwa teknologi adalah perangkat untuk mencapai tujuan lebih sigap dan lebih efektif. Bukan malah sebaliknya.

"Jadi jangan sampai kita justru nan diatur-atur sama teknologi. Jadi kita kudu punya peran nan sangat penting," jelas Putri.

Kedua, dengan adanya ketidakpastian di dunia, dia mengatakan bahwa perihal ini adalah kesempatan bagi para pelaku upaya untuk menciptakan kesempatan dengan teknologi nan serba sigap dan mudah.

"Untuk teman-teman nan berbisnis ini adalah sebuah peluang. Jadi kita bisa memandang ada opportunity apa sih. Atau bukan hanya memandang ada opportunity apa, tapi menciptakan opportunity itu. Karena pasti banyak sekali masalah-masalah di Indonesia nan belum kita selesaikan," tuturnya.

Ketiga, Putri menyarankan para pelaku ekonomi imajinatif dan UMKM untuk terus berinovasi lantaran banyaknya pesaing nan terus bermunculan. Apalagi, dengan visualisasi bahwa para pelaku upaya tak hanya berkompetitor dengan pasar hidup saja, tapi juga dengan global.

"Jadi kita kudu punya competitive advantage nan sangat kuat. Dan selalu berinovasi terus. Dan nan paling krusial jangan pernah berakhir belajar," pungkasnya.

(del/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com