Jakarta, CNN Indonesia --
Menjelang penutupan tahun 2024, PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) sukses meraih penghargaan dalam arena Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Public Relations (PR) Excellence Awards (PREA) 2024 nan digelar di Bali, Kamis (21/24). Pada arena ini perusahaan menjadi Juara II untuk kategori CSR PR Tema Umum.
PREA 2024 merupakan serangkaian aktivitas World Public Relations Forum (WPRF) 2024 nan diselenggarakan oleh Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) dan Global Alliance for Public Relations and Communication Management.
Penghargaan ini merupakan corak pengakuan atas keahlian perusahaan dan organisasi nan sukses menjalankan program komunikasi dan kehumasan nan berakibat besar bagi masyarakat dan pemangku kepentingan.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Head of Corporate Communication PT GNI, Mellysa Tanoyo, menyampaikan penghargaan ini merupakan sebuah pencapaian nan menggarisbawahi keberhasilan perusahaan dalam mengintegrasikan strategi komunikasi dengan nilai-nilai keberlanjutan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
"Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Ini menjadi bukti bahwa kami telah sukses menerapkan strategi komunikasi secara optimal, mengedepankan komunikasi strategis nan mendukung keberlanjutan melalui beragam program, termasuk program CSR nan memberikan akibat positif bagi masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/11).
Ia juga menegaskan bahwa keberhasilan ini menempatkan PT GNI sebagai pelaku industri smelter nikel nan tidak hanya unggul di bagian operasional, tetapi juga dalam membangun hubungan strategis dengan masyarakat.
Hingga sekarang, perusahaan telah menjalankan beragam program CSR nan berfokus pada pendidikan, kesehatan, sosial budaya, infrastruktur, hingga pemberdayaan ekonomi. Program-program ini tidak hanya memberikan faedah langsung kepada masyarakat, tetapi juga memperkuat hubungan antara perusahaan dan para pemangku kepentingan.
Mellysa juga menyoroti pentingnya kerjasama dengan pemerintah dan organisasi lokal. Menurutnya, keberhasilan program CSR PT GNI tidak lepas dari sinergi nan baik dengan beragam pihak.
"Kami percaya bahwa keberhasilan strategi komunikasi adalah kunci dalam mendukung keberlanjutan perusahaan, sekaligus berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat lokal. Melalui kerjasama dengan pemerintah dan organisasi lokal, PT GNI sukses membangun program-program nan sejalan dengan tujuan pembangunan berkepanjangan (SDGs)," imbuh dia.
PT GNI Menerima Penghargaan pada PREA Awards 2024. (Foto: Arsip Perhumas)
Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju periode 2014-2019, Retno Marsudi menekankan bahwa kepercayaan bukan komoditas, melainkan investasi nan dibangun melalui komunikasi nan bertanggung jawab dan berkelanjutan. Hal ini mencakup pengelolaan info secara etis, memperkuat suara-suara nan terpinggirkan, dan mendorong inklusi baik dalam narasi maupun tindakan.
Para ahli Hubungan Masyarakat (Humas) berada dalam posisi unik untuk mendorong dan mengukur kemajuan menuju tujuan keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (Diversity, Equity, and Inclusion/DEI) serta komitmen terhadap Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environmental, Social, and Governance/ESG).
Menurut Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) ini, prioritas-prioritas ini secara langsung selaras dengan tenggat waktu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
Dalam perihal ini, PT GNI tidak hanya sukses menciptakan lebih dari belasan ribu lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, tetapi juga menjadi katalisator perubahan positif melalui beragam program pemberdayaan masyarakat lokal.
Mulai dari training UMKM nan membuka kesempatan upaya baru, peningkatan prasarana nan mendukung kesejahteraan, hingga kontribusi nyata pada sektor pendidikan dan kesehatan, langkah-langkah ini menunjukkan komitmen perusahaan nan melampaui sekadar bisnis.
Keberhasilan ini mencerminkan gimana PT GNI mengintegrasikan prinsip SDGs ke dalam strategi operasionalnya, khususnya dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif dan pembangunan organisasi nan berkelanjutan.
Penghargaan PREA 2024 pun menjadi lebih dari sekadar pengakuan terhadap PT GNI, tetapi juga inspirasi bagi sektor industri lainnya untuk menempatkan strategi komunikasi publik sebagai komponen krusial dalam menciptakan program tanggung jawab sosial perusahaan nan relevan dan berakibat luas.
Dengan pencapaian ini, PT GNI semakin memperkuat posisinya sebagai pelopor dalam industri smelter nikel. Perusahaan tidak hanya konsentrasi pada produktivitas, tetapi juga pada tanggung jawab sosial nan berkelanjutan, sebuah pendekatan holistik nan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, dan pemangku kepentingan.
(rir/rir)