Pertamina SMEXPO 2024 Dorong UMKM Lokal Jadi Vokal

Sedang Trending 7 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) kembali menggelar Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024. Pameran upaya mikro, mini dan menengah (UMKM) ini digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada 22-27 Oktober 2024.

Menteri UMKM Maman Abdurrahman secara resmi membuka pameran ini. Dalam sambutannya Maman mengapresiasi gelaran Pertamina SMEXPO 2024 sebagai salah satu upaya untuk membina UMKM agar lebih berdaya.

Menurut Maman, andaikan korporasi lain juga melakukan perihal nan sama seperti Pertamina, ialah menjadi pembina bagi pengembangan UMKM maka fondasi ekonomi pun makin kuat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Inilah pentingnya keberadaan korporasi untuk ikut mendampingi UMKM bersama-sama pemerintah agar UMKM bisa menjadi vokal dan bersaing di kancah dunia," ujar Maman dikutip Selasa (22/10).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan bahwa Pertamina SMEXPO merupakan agenda rutin tahunan Pertamina nan bermaksud memberdayakan UMKM mitra binaannya.

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan Pertamina SMEXPO 2024 merupakan aktivitas tahunan Pertamina. Pada tahun ke-5 ini, SMEXPO 2024 mengusung tema "Lokal Jadi VOKAL", dengan melibatkan 43 UMKM Binaan Pertamina.

"Sebelum aktivitas puncak ini, kami sudah menggelar rangkaian nan digelar di lima kota, ialah Palembang, Yogyakarta, Bandung, Makassar dan Bandar Lampung," katanya.

Sementara Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina SMEXPO 2024 merupakan rangkaian aktivitas pengembangan UMKM bimbingan Pertamina.

Dilaksanakan sebagai sebuah rangkaian aktivitas mulai dari aktivitas pre event berupa pameran tematik level lokal nan dilaksanakan di Grha Pertamina, Jakarta, selama Maret - Mei 2024, serta sub event.

Sub event itu berupa pameran di level wilayah sebagai bagian road to Pertamina SMEXPO Nasional, hingga aktivitas utama ialah jumpa upaya (business matching) dan pameran SMEXPO 2024 nan saat ini digelar.

"Berbagai aktivitas ini dilakukan guna menyosialisasikan produk-produk UMKM berbobot bimbingan Pertamina kepada masyarakat umum dan para stakeholders. Kami berambisi beragam aktivitas ini bisa meningkatkan akses pasar UMKM," jelas Fadjar.

Pameran selama enam hari di Mall Kota Kasablanka, Jakarta ini bakal menampilkan ratusan produk UMKM, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan.

Dalam pameran ini, visitor dapat menikmati tidak hanya beragam produk lokal berkualitas, tetapi juga promosi menarik, diskon, dan beragam aktivitas seru sepanjang acara.

Untuk itu, Pertamina mengundang masyarakat untuk mengunjungi pameran dan mendukung UMKM lokal. Bagi nan tidak dapat datang secara langsung, produk-produk juga tersedia di platform online di smexpo.pertamina.com.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bagian transisi energi, berkomitmen dalam mendukung sasaran Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program nan berakibat langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini upaya dan operasi Pertamina.

(inh)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com