Budiman Sudjatmiko Usul Orang Miskin Jadi Pemasok Makan Bergizi Gratis

Sedang Trending 11 jam yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 22 Okt 2024 20:16 WIB

Budiman Sudjatmiko mengusulkan orang miskin menjadi pemasok alias supplier bahan-bahan untuk program Makan Bergizi Gratis. Budiman Sudjatmiko mengusulkan orang miskin menjadi pemasok alias supplier bahan-bahan untuk program Makan Bergizi Gratis. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan Budiman Sudjatmiko mengusulkan orang miskin menjadi pemasok alias supplier bahan-bahan untuk program Makan Bergizi Gratis (MBG).

Budiman menjelaskan orang-orang miskin ini diberdayakan untuk memproduksi bahan-bahan pangan. Lalu hasil produksi itu digunakan untuk makanan nan dibagikan secara cuma-cuma ke anak-anak.

"Saya hanya melibatkan orang miskin agar terlibat di dalam suplai atas proses makan bergizi cuma-cuma itu, selain juga penerima makan bergizi cuma-cuma itu," kata Budiman di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budiman mengatakan setidaknya 50 persen pemasok bahan makanan program itu semestinya orang miskin. Ia percaya kebijakan itu dapat memutar ekonomi di kalangan masyarakat miskin.

Untuk mencapai itu, dia bakal berupaya menyediakan pendanaan. Budiman bakal mengontak sejumlah pihak untuk menyediakan permodalan.

"Tentu saja kita sediakan akses, aset, dan dapat KUR dipermudah. Saya bakal bicara dengan perbankan, juga kepada Permodalan Nasional Madani," ujar Budiman.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menawarkan program Makan Bergizi Gratis sejak kampanye. Mereka percaya pasokan makanan cuma-cuma diperlukan agar anak-anak dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Prabowo menargetkan 82,9 juta orang anak menjadi penerima MBG. Total anggaran nan diperlukan per tahun mencapai Rp400 triliun.

Untuk gelombang pertama, 3 juta anak bakal menjadi penerima makan bergizi cuma-cuma pada awal 2025. Jumlah bakal bertambah dua kali lipat pada April 2025. Lalu bakal bertambah lagi menjadi 15 juta anak di Juli 2025.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com