IMF Ramal Ekonomi RI Mentok di 5 Persen, di Bawah Target Prabowo

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di level 5,1 persen hingga 2029. Angka tersebut jauh dari sasaran Presiden Prabowo Subianto sebesar 8 persen.

Prediksi itu disampaikan dalam World Economic Outlook jenis Oktober 2024 IMF.

"Proyeksi staf IMF didasarkan pada anggaran terbaru, dengan ekstrapolasi menggunakan PDB nominal nan diproyeksikan (dan komponen-komponennya sesuai kebutuhan) dengan penerapan pertimbangan untuk mencerminkan kebijakan pengeluaran dan pendapatan otoritas dalam jangka menengah," bunyi keterangan IMF, dikutip Kamis (24/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara untuk tahun depan, IMF memproyeksi ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen. Artinya, dari 2025-2029 alias selama masa pemerintahan Prabowo, ekonomi Indonesia diprediksi stagnan di level 5 persen.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih rendah dibandingkan sejumlah negara ASEAN lainnya. Ekonomi Filipina, misalnya, diprediksi tumbuh 6,1 persen pada 2025 dan 6,3 persen pada 2023.

Lalu Vietnam sebesar 6,1 persen pada 2025 dan 5,6 persen pada 2029, serta Kamboja nan ekonominya diramal tumbuh 5,8 persen pada 2025 dan 6 persen pada 2029.

Namun, proyeksi pertumbuhan Indonesia tetap lebih tinggi dibandingkan Malaysia, ialah sebesar 4,4 persen pada 2025 dan 4 persen pada 2029, serta Thailand sebesar 3 persen pada 2025 dan 2,7 persen pada 2029.

Presiden Prabowo Subianto memasang sasaran pertumbuhan ekonomi 8 persen selama menjabat. Ia mengaku taruhan dengan menteri negara tetangga soal sasaran ambisiusnya membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh 8 persen.

"Kalau saya lebih berani lagi, kita kudu berani meletakkan sasaran nan lebih tinggi. Kalau saya optimis kita bisa mencapai 8 persen pertumbuhan (ekonomi)," tegas Prabowo dalam Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 di Jakarta Selatan, Kamis (18/7).

Ia pun tak mempermasalahkan kritik dan nyinyiran nan didapatnya lantaran ambisinya tersebut.

"Jadi saya memang sering diejek. 'Prabowo 8 persen pertumbuhan'. Kita dinyinyir. Ya, enggak apa-apa," ujar dia dalam aktivitas BNI Investor Daily Summit 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).

Ia kemudian mengutip ucapan Presiden Pertama RI Soekarno yakni, "Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit. Kalau kau tidak sampai langit, minimal kau jatuh di antara bintang-bintang."

"Saya canangkan 8 persen. Kalau enggak sampai 8 persen, ya 7,5 persen. Kalau enggak sampai 7,5 persen, ya 7 persen. Kalau kita puas, kita canangkan 6 persen, kelak 5,3 persen, ya sudahlah. Sudah-sudahlah," tutur Prabowo lebih lanjut.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com