Edufarm Malakasari: Oase Pendidikan Hijau untuk Generasi Muda

Sedang Trending 6 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah hiruk pikuk Jakarta, terdapat sebuah oase edukasi hijau nan menarik perhatian anak-anak sekolah dari beragam jenjang. Adalah Edufarm Malakasari, nan terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Menjelang Hari Anak Nasional, Edufarm Malakasari Jakarta Timur kehadiran anak-anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Delima nan antusias belajar mengenal bumi pertanian.

Di Edufarm Malakasari, anak-anak diajak untuk mengenal bibit dan bibit, merasakan keseruan menanam dan memanen sayur, hingga menjelajahi ragam olahan pasca panen seperti keripik sayur. Edukasi nan tak hanya menyenangkan, tapi juga menumbuhkan kecintaan terhadap alam dan lingkungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Edufarm Malakasari ini merupakan salah satu bimbingan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melalui program PLN Peduli. Dikelola oleh Kelompok Tani Wanita (KWT) D'Shafa, Edufarm Malakasari sukses mengubah lahan kosong jejak penampungan sampah menjadi area produktif dan hijau.

Lebih dari sekadar tempat bercocok tanam, Edufarm Malakasari sekarang berkembang menjadi Agroeduwisata. Kegiatan edukasi dan wisata alam menarik banyak pengunjung, dari lembaga pemerintahan, akademisi, hingga masyarakat umum.

Local Hero Edufaram Malakasari, Haryati mengatakan, sejak tiga tahun terakhir alias tepatnya pada 2022 hingga 2024, total visitor Edufarm Malakasari sudah mencapai 13.831 orang.

"Saya senang Edufarm Malakasari bisa memberikan pengalaman berbobot bagi para visitor dan juga memberikan faedah bagi para personil edufarm melalui aktivitas pertanian perkotaan ini," kata Haryati dikutip Senin (11/7).

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa PLN sangat mendukung pengembangan aktivitas di Edufarm Malakasari nan dapat berfaedah bagi masyarakat banyak.

"Edufarm Malakasari menjadi salah satu bimbingan PLN UID Jakarta Raya nan cukup berkembang pesat. Kami senang banyak orang bisa merasakan faedah dari kehadiran edufarm ini," ujar Lasiran.

Sementara salah satu pembimbing PAUD Delima, Venni Andriani saat melakukan kunjungan ke Edufarm Malakasari mengungkapkan bahwa aktivitas di sana sangat menarik dan berfaedah bagi anak-anak untuk mengenal aktivitas bercocok tanam.

"Pengelola edufarm sangat ramah, edukatif, informatif, sehingga sangat membantu kami. Terima kasih sudah memberikan kesempatan bagi kami mengikuti aktivitas di Edufarm Malakasari. Terima juga PLN telah menghadirkan edufarm di Kelurahan Malakasari,"tambah Venni.

(inh/inh)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com