Amran Bantah Diangkat Prabowo Jadi Mentan Karena Haji Isam

Sedang Trending 1 jam yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 23 Okt 2024 13:17 WIB

Menteri Pertanian Amran Sulaiman membantah dipilih Prabowo Subianto lantaran mempunyai kaitan dengan Andi Syamsuddin Arsyad namalain Haji Isam. Menteri Pertanian Amran Sulaiman membantah dipilih Prabowo Subianto lantaran mempunyai kaitan dengan Andi Syamsuddin Arsyad namalain Haji Isam. (ANTARA FOTO/M Adimaja).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membantah dirinya dilantik sebagai menteri dalam Kabinet Merah Putih 2024-2029 lantaran mempunyai kaitan dengan Andi Syamsuddin Arsyad namalain Haji Isam.

Adapun Amran adalah sepupu dari Haji Isam. Pelantikannya di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka adalah ketiga kalinya Amran dilantik sebagai menteri pertanian.

Ia pernah menjabat sebagai mentan di pemerintahan pertama Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) pada 2014-2019 dan dilantik kembali di akhir periode pemerintahan pada Oktober 2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketika ditanyakan wartawan, dirinya menegaskan bahwa dia adalah ahli nan sudah menjabat sebagai menteri sejak 2014.

"Kami ini profesional. Menteri ini. Bukan sekarang kan? 2014 kan? Swasembada kan? Profesional enggak? Baik enggak food security terbaik di dunia? Bagus enggak?" ujar Amran di Istana Kenegaraan Jakarta, Rabu (23/10).

Ia kemudian meminta agar konsentrasi kepada pendapat besar Presiden Prabowo Subianto, ialah swasembada pangan daripada mempertanyakan perihal nan tidak produktif.

"Kami dulu menteri 2014 sampai 2019, kemudian kembali lagi. Kemudian dilantik lagi. Artinya apa? Ada kebaikan nan kita lakukan di republik ini dan itu benar," imbuhnya.

Haji Isam merupakan konglomerat asal Kalimantan Selatan nan dikenal dekat dengan Jokowi. Haji Isam apalagi pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Jokowi juga secara langsung datang saat Haji Isam meresmikan pabrik gula milik Haji Isam di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara pada 2020.

Haji Isam mempunyai kerajaan upaya Jhonlin Group nan mempunyai beberapa lini upaya dengan konsentrasi pada perkebunan kelapa sawit dan tambang batu bara.

[Gambas:Video CNN]

(del/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com