Teliti dan Ikuti SOP, Agen BRILink Gagalkan Upaya Penipuan

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang Agen BRILink menggagalkan upaya penipuan pencairan biaya sebesar Rp3 juta di salah satu outlet BRILink. Dalam video nan viral di media sosial, secara tegas diperlihatkan bahwa Agen BRILink kudu teliti menjalankan SOP (Standart Operational Procedure) untuk menjaga keamanan transaksi keuangan.

Dari rekaman CCTV, diperlihatkan bahwa seorang laki-laki mencoba mencairkan biaya menggunakan arsip transfer palsu. Pria itu membawa bukti transfer, nan sekilas, bisa jadi tampak asli.

Namun, Agen BRILink mencermati arsip tersebut dengan teliti, dan merasa berprasangka memandang ketidaksesuaian info nan tercantum dengan transaksi sebenarnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama proses verifikasi, Agen BRILink itu menegaskan berpatokan terhadap SOP nan ditetapkan BRI. Salah satunya, mewajibkan setiap pemasok melakukan pengecekan menyeluruh terhadap setiap transaksi, termasuk memastikan keaslian arsip nan dibawa nasabah.

Adapun salah satu poin krusial dalam SOP adalah pemeriksaan bukti transfer secara mendetail untuk dicocokkan dengan info sistem. Ketika Agen BRILink memverifikasi arsip transfer nan diberikan nasabah, dirinya mendapati sejumlah kejanggalan nan tak sesuai dengan catatan transaksi di sistem BRILink.

Dalam video, Agen BRILink dengan tetap tenang mencoba menjelaskan laki-laki nan mengaku pengguna BRI itu. Tetapi, laki-laki itu justru terlihat gugup, memperkuat kecurigaan bahwa arsip nan diserahkan adalah palsu.

Menyadari dirinya berhadapan dengan upaya penipuan, Agen BRILink tersebut bergerak sigap menghentikan proses pencairan dana. Lalu, dia melaporkan kejadian ini kepada pihak bank untuk kemudian dilakukan investigasi lebih lanjut.

Berkat kesigapan Agen BRILink itu, upaya mendapatkan biaya Rp3 juta secara terlarangan itu pun sukses digagalkan.

Secara keseluruhan, perihal ini turut menegaskan pentingnya sikap tanggap Agen BRILink dalam mengikuti prosedur keamanan pada setiap transaksi keuangan.

BRILink Pastikan Keamanan Transaksi

Sebagai perpanjangan tangan BRI, BRILInk ditegaskan selalu memprioritaskan keamananan dan kenyamanan bagi nasabah. BRILink menilai, kasus penipuan nan sukses digagalkan ini menjadi bukti nyata, bahwa penerapan SOP oleh BRILink krusial untuk menjaga integritas sistem keuangan.

Pada saat bersamaan, peristiwa ini sekaligus mengingatkan masyarakat khususnya pengguna BRI untuk selalu mewaspadai beragam modus penipuan, termasuk saat bertransaksi keuangan.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com