3 Faktor Positif Bitcoin Diprediksi Sentuh Harga Tertinggi Akhir 2024

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Memasuki kuartal terakhir (Q4) 2024, pasar kripto, terutama Bitcoin (BTC), kembali menjadi sorotan. Setelah mengalami tren stagnan di kuartal III, namun beragam katalis positif diprediksi bakal mendorong pasar Bitcoin menuju nilai dengan level tertinggi sepanjang masa alias All Time High (ATH) sebelum tahun ini berakhir.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha menjelaskan Bitcoin telah diperdagangkan dalam kisaran US$52.000 hingga US$73.750 dalam tujuh bulan terakhir. Bahkan sekarang BTC juga telah kembali ke tren bullishnya dengan mendekati level US$70.000 pada perdagangan Senin (21/10).

"Walaupun sempat stagnan di kuartal ketiga dengan kenaikan moderat 0,96%, tren historis menunjukkan bahwa kuartal keempat biasanya menjadi periode bullish bagi Bitcoin," ujar Panji.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut beberapa aspek utama berkedudukan krusial mendorong pasar kripto, khususnya Bitcoin.

1. ETF Bitcoin

Salah satu perkembangan signifikan nan mendukung pasar Bitcoin adalah perdagangan Exchange Traded Funds (ETF) Bitcoin Spot nan mengalami lonjakan besar. Berdasarkan laporan SoSo Value, total nilai aset bersih ETF Bitcoin Spot di AS mencapai US$65,12 miliar, alias 4,88% dari kapitalisasi pasar Bitcoin.

"Meski baru mulai diperdagangkan pada 11 Januari 2024, ETF BTC spot ini menjadi perangkat krusial nan memperkuat sentimen bullish ke depan, memperluas akses penanammodal institusional ke Bitcoin," kata Panji.

2. Pemilu Presiden AS

Pemilihan Presiden AS nan bakal digelar pada 4 November 2024 juga diperkirakan menjadi aspek krusial nan berakibat positif. Kedua kandidat utama, Donald Trump dan Kamala Harris, disebut-sebut mendukung perkembangan aset kripto. Oleh lantaran itu, hasil pemilu diharapkan tidak bakal berakibat negatif pada izin kripto.

3. Kebijakan Suku Bunga Federal Reserve (FED)

Pemangkasan suku kembang oleh Federal Reserve AS menjadi aspek lain nan positif bagi aset mata uang digital seperti Bitcoin. Setelah penurunan suku kembang sebesar 50 pedoman poin pada September 2024, spekulasi pasar memperkirakan pemangkasan tambahan sebesar 25 pedoman poin pada pertemuan FOMC di November. Kebijakan ini berpotensi mendorong tren bullish Bitcoin hingga akhir tahun.

Potensi Bitcoin Capai ATH Baru

Optimisme tinggi di kalangan penanammodal mengarah pada potensi pencapaian Bitcoin hingga US$100.000 di penghujung 2024. Berdasarkan tren historis, dalam Q4 dari 2013 hingga 2023, secara rata-rata Bitcoin ditutup di nomor 81%. Bahkan pada kuartal keempat 2023, BTC ditutup naik sebesar 56,9%.

"Jika pola serupa terjadi, ada potensi Bitcoin mencapai level tertinggi baru alias All-Time High (ATH), di atas $73.750 dengan sasaran kami di kisaran US$90.000 - US$100.000 menjelang akhir tahun 2024," tutup Panji.

Disclaimer: Investasi aset mata uang digital mengandung akibat dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Kripto membikin info ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli aset kripto. Harga aset mata uang digital berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

(ory/ory)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com