Warren Buffet Ungkap Perusahaan Misterius Tempatnya Berinvestasi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 18 Mei 2024 05:30 WIB

Perusahaan milik Warren Buffet, Berkshire Hathaway, akhirnya mengungkapkan punya saham utama di perusahaan asuransi Chubb nan dirahasiakannya sejak tahun lalu. Perusahaan milik Warren Buffet, Berkshire Hathaway, akhirnya mengungkapkan punya saham utama di perusahaan asuransi Chubb nan dirahasiakannya sejak tahun lalu. (AFP/JOHANNES EISELE).

Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan milik konglomerat Warren Buffet, Berkshire Hathaway, akhirnya mengungkapkan kepemilikan saham utama di perusahaan asuransi Chubb, sekaligus mengungkap investasi nan dirahasiakannya sejak tahun lalu.

Pihak Berkshire mengungkapkan mereka mengakuisisi nyaris 26 juta saham Chubb dalam pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) pada Rabu (15/5) silam soal investasi kuartal pertama perusahaan.

Melansir CNN Business, nilai investasi tersebut mencapai sekitar US$6,7 miliar alias setara Rp107,07 triliun (asumsi kurs Rp15.982 per dolar AS).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perusahaan Buffett telah melindungi info ini dari pengetahuan publik saat proses pembelian saham tersebut, dengan meminta 'perlakuan rahasia' dari SEC dalam pengajuan sebelumnya.

Chubb, sebuah upaya asuransi nan beraksi di 54 negara, menjadi buletin utama pada Maret lampau setelah perusahaan menjamin obligasi banding Presiden Donald Trump senilai nyaris US$92 juta alias Rp1,47 triliun dalam gugatan pencemaran nama baik E Jean Carroll.

Buffett, CEO Berkshire nan terkenal dengan skill investasinya, telah mengumpulkan banyak sekali penanammodal nan meniru pergerakan portofolionya. Tidak terkecuali saham Berkshire Hathaway di Chubb.

Saham Chubb melonjak lebih dari 8 persen pada perdagangan sesi after-hours pada Rabu (15/5).

Ketertarikan Buffett pada Chubb memang sudah tidak asing lagi. Pasalnya, perusahaan asuransi Geico, National Indemnity, dan General Re adalah anak perusahaan Berkshire Hathaway.

Investasi di Chubb menggarisbawahi strategi investasi Berkshire Hathaway selama beberapa bulan terakhir.

Berkshire Hathaway tampaknya telah menggandakan investasinya di sejumlah perusahaan finansial seperti Ally Financial, American Express dan Bank of America, sementara memangkas investasinya di produk-produk konsumen.

Pada Februari silam, Berkshire mengungkap bahwa mereka menjual 10 juta saham Apple dalam tiga bulan pertama tahun ini, meskipun Apple tetap menjadi investasi terbesar Berkshire.

Berkshire juga menjual 80 juta saham perusahaan printer HP pada kuartal keempat 2023, mengurangi kepemilikannya sebesar 78 persen.

[Gambas:Video CNN]

(del/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com