Wamendag Roro Kebut Bereskan Kerja Sama Dagang Bilateral Usai Dilantik

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 23 Okt 2024 11:03 WIB

Wamendah Dyah Roro Esti bakal mengebut penyelesaian perundingan kerja sama perdagangan bilateral dalam 100 hari pertama masa jabatannya. Wamendah Dyah Roro Esti bakal mengebut penyelesaian perundingan kerja sama perdagangan bilateral dalam 100 hari pertama masa jabatannya. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Perdagangan Dyah Roro Esti menyatakan bakal konsentrasi pada percepatan perundingan kerja sama perdagangan bilateral dalam 100 hari pertama masa jabatannya.

Hal ini ia sampaikan usai aktivitas serah terima kedudukan wakil menteri perdagangan di Auditorium Kementerian Perdagangan (Kemendag) di Jakarta, Selasa (22/10).

Roro menjelaskan pentingnya mempercepat penyelesaian perundingan kerja sama perdagangan bilateral nan telah dimulai oleh pendahulunya, Jerry Sambuaga, khususnya melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu konsentrasi utamanya adalah kerja sama dengan Peru, nan telah dibahas sejak Roro menjabat sebagai ketua kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Peru.

"Kebetulan saya juga kemarin sempat memimpin sebagai ketua bilateral antara Indonesia dan Peru, salah satu nan kita telaah juga tentang CEPA. Jadi mudah-mudahan jika misalnya kelak telah teridentifikasi ada beberapa negara nan kudu kita percepat, kita bakal lakukan. Apalagi jika Peru itu bakal mengadakan APEC, di mana Bapak Prabowo juga bakal hadir," tambahnya.

Selain itu, Roro menyinggung pentingnya pembahasan perdagangan karbon, sebuah topik nan menarik perhatian lantaran Indonesia berkomitmen mengurangi emisi karbon sebesar 32 persen pada 2030. Ia berambisi dapat berkoordinasi dengan kementerian mengenai untuk merealisasikan perihal ini.

"Dan selebihnya nan agak interesting nan kelak insya Allah saya mau berkomunikasi juga dengan Pak Menteri (Budi Santoso), mengenai perdagangan karbon. Ini menarik juga lantaran kita punya komitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 32 persen di tahun 2030," ungkapnya.

Roro menekankan kebijakan-kebijakan nan bakal dijalankan sejalan dengan pengarahan Mendag Budi Santoso, khususnya mengenai perdagangan dalam negeri, luar negeri, dan peningkatan peran UMKM.

"Tentu untuk 100 hari ke depan kita bakal menjalankan apa nan merupakan kebijakan dari Pak Menteri. Saya bakal segera rapat dengan Pak Menteri untuk mensinergikan langkah-langkah nan kudu kami lakukan bersama," ujar Roro.

Sementara itu, mantan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan dukungannya kepada Roro. Ia optimis Roro bisa melanjutkan kerja sama bilateral nan sudah terjalin, serta memperkuat sektor perdagangan luar negeri Indonesia.

"Saya percaya Ibu Roro bakal melanjutkan dan menyelesaikan beragam perjanjian jual beli nan sedang berjalan, termasuk EU-CEPA. Kami sudah menyelesaikan 38 perjanjian jual beli selama lima tahun terakhir, dan saya berambisi tahun ini beberapa nan pending dapat diselesaikan," ujar Jerry.

Dyah Roro Esti merupakan politikus Golkar. Ia adalah personil DPR RI periode 2019-2024 dari wilayah pemilihan (dapil) Jawa Timur X.

[Gambas:Video CNN]

(lau/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com