Tantang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pelatih Filipina Tak Terima Diklaim Dukung Vietnam

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Filipina Tom Saintfiet menjadi buah bibir jelang pertemuan anak-anak aushnya melawan Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (11/6/2024).

Hal itu lantaran dia sempat meminta support dari publik Vietnam agar bisa mengalahkan skuad Garuda, sekaligus membuka kesempatan bagi The Golden Star melaju ke ronde 3 andaikan sukses menaklukkan Irak di laga pemungkas.

Pernyataannya Saintfiet ala itu tak ayal membikin dirinya dicap sebagai "pendukung" Vietnam oleh publik Tanah Air. Akan tetapi, dia langsung buka bunyi dan menjelaskan bahwa pernyataan itu semata-mata dilontarkan lantaran mengharapkan hasil positif buat anak-anak asuhnya.

"Saat itu media Vietnam bertanya kepada saya, apakah tim mereka punya kesempatan untuk lolos. Saya katakan bahwa Timnas Filipina bakal berupaya semaksimal mungkin untuk mengalahkan Indonesia, dan Anda kudu mendukung kami lantaran jika kami menang melawan Timnas Indonesia, Vietnam bisa maju andaikan mereka menang melawan Irak," jelas Saintfiet, dilansir dari media Vietnam Soha.vn.

"Akan tetapi, saya mau tegaskan bahwa saya tidak mengatakan itu lantaran saya mendukung Timnas Vietnam. Media-media di Indonesia salah paham. Saya bukan personil tim mereka. Satu-satunya nan saya pedulikan adalah skuad Filipina, dan saya mau tim saya bermain sebaik mungkin melawan Indonesia."

"Itu normal dalam sepak bola, karena tidak ada pembimbing nan mau kalah dalam pertandingan," tandas pesepak bola asal Belgia berumur 51 tahun.

Timnas Indonesia tumbang di laga kandang kontra Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia. Berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta (6/6/2024), skuad didikan Shin Tae-yong takluk 0-2 atas Irak. Timnas Indonesia tetap mempunyai kesempatan ...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Waspadai Kekuatan Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Tom Saintfiet juga terang-terangan mengakui dirinya mewaspadai Timnas Indonesia. Dia memandang skuad Garuda didikan Shin Tae-yong sebagai kekuatan baru di panggung sepak bola Asia.

"Kita tahu Timnas Indonesia adalah kekuatan baru di sepak bola Asia. Tim ini sangat kuat, banyak pemainnya nan berkarier di Eropa. Indonesia pastinya bakal sangat menantikan pertandingan melawan Filipina lantaran bermain di kandang sendiri, disertai sorakan sejumlah besar penggemar," tutur Saintfiet.

"Bagi kami, Filipina juga merasa sangat ceria lantaran mendapat kesempatan tampil di lapangan nan bergerak di Indonesia. Kami bakal berupaya untuk menang, meskikami tahu perihal itu tidak mudah," pungkasnya, dikuti dari Soha.vn.

Laga Wajib Menang Timnas Indonesia

Adapun duel melawan Filipina bakal jadi pertandingan krusial nan wajib dimenangkan Timnas Indonesia. Skuad racikan Shin Tae-yong saat ini bertengger di urutan 2 klasemen sementara grup F dengan perolehan 7 poin dari 5 pertandingan.

Mereka hanya terpaut satu nomor dari pesaing terdekatnya Vietnam, berkah kemenangan The Golden Star melawan Filipina beberapa waktu lalu. Praktis, hasil dominan atas pasukan Tom Saintfiet jadi nilai meninggal nan kudu diperoleh tim Garuda jika mau melaju ke putaran selanjutnya.

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi:  Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga