Tanpa Tiket Fisik, Naik Kereta di Medan Kini Pakai Verifikasi Wajah

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Medan, CNN Indonesia --

Stasiun Kereta Api Medan sekarang resmi menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate, jasa pertama di Pulau Sumatra nan memungkinkan penumpang kereta api melakukan proses boarding hanya dengan verifikasi wajah.

Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, nan didampingi Kepala KAI Divre I Sumut, Moh Arie Fathurrochman, mengungkapkan dengan sistem ini, penumpang tak perlu lagi membawa tiket bentuk alias menunjukkan identitas, cukup dengan satu pandangan, proses naik kereta menjadi lebih cepat, efisien, dan aman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Penerapan jasa ini merupakan bagian dari strategi besar KAI untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. Layanan ini bisa memangkas waktu tunggu di stasiun, sekaligus menambah kenyamanan dan keamanan, " jelasnya.

Proses registrasi untuk menggunakan Face Recognition ini pun mudah dan gratis. Penumpang hanya perlu membawa e-KTP dan mendatangi petugas di Stasiun Medan. Proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat reader. Kemudian menempelkan jari telunjuk kanan alias kiri pada pemindai nan ada di e-KTP reader sehingga pengguna bisa langsung terdaftar.

"Bagi pengguna nan tidak dapat melakukan registrasi lantaran tidak mempunyai e-KTP seperti pengguna anak alias e-KTP nya dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, " paparnya.

Hadis menyebut jasa ini telah digunakan sebanyak 1.694 penumpang sejak diuji coba pada 5 September 2024. Angka tersebut bakal terus meningkat seiring dengan antusiasme pengguna kereta api di wilayah Sumatera Utara.

"Dengan sistem ini, bisa mengurangi waktu tunggu, mempercepat proses jasa serta meningkatkan keamanan di stasiun sehingga perjalanan penumpang semakin mudah, " jelasnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi ini, KAI juga mempersiapkan diri menghadapi lonjakan penumpang menjelang libur panjang Maulid Nabi SAW.

Manager Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan selama libur panjang Maulid Nabi SAW secara total disediakan sebanyak 33 ribu tempat duduk ke beragam tujuan, antara lain ke Stasiun Rantau Prapat, Kisaran, Tanjungbalai, Tebing Tinggi, dan Siantar.

"Kami memprediksi penumpang KA naik 11% alias 3.600 penumpang lantaran libur panjang akhir pekan kali ini bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kami mengimbau masyarakat nan bakal menggunakan jasa kereta api agar merencanakan tanggal keberangkatan dan melakukan pemesanan jauh-jauh hari melalui aplikasi Access by KAI alias chanel penjualan tiket resmi lainnya, " ungkapnya.

(fnr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com