Jokowi Resmikan Tol Jogja-Solo Hari Ini

Sedang Trending 16 jam yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 19 Sep 2024 07:25 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Tol Jogja-Solo pada pukul 15.00 WIB hari ini (19/9). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Tol Jogja-Solo pada pukul 15.00 WIB hari ini (19/9). (Foto: Laily Rachev-Biro Pers)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Tol Jogja-Solo pada hari ini (19/9).

"Besok (Kamis, 19 September) pukul 3 sore. (Diresmikan) Pak Jokowi," kata Staf Ahli Direksi PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Bidang Pengadaan Tanah Muhammad Amin, dikutip dari detikcom, Kamis (19/9).

Amin membocorkan tarif tol Tahap I Segmen Kartasura-Klaten ini berkisar di Rp1.864 per kilometer. Ia menyatakan nomor tersebut sudah sesuai dengan perjanjian pengusaha jalan tol (PPJT).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jelang peresmian oleh Jokowi hari ini, PT JMJ selaku pengelola Tol Jogja-Solo melakukan serangkaian uji coba. Tes nan dilakukan pada 11 September 2024 hingga 13 September 2024 itu meliputi uji laik kegunaan dan uji laik operasi.

Jalan Tol Jogja-Solo resmi mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi. Ini bukti jalan tol sudah sesuai standar keselamatan, teknis, dan operasional berasas ketetapan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, serta Korlantas Polri.

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menegaskan ini merupakan langkah krusial memastikan jalan tol sepanjang 22,3 km ini sudah memenuhi seluruh spesifikasi teknis. Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten akhirnya siap digunakan usai melewati 3 tahun masa pembangunan.

"Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten telah melalui seluruh tahapan penilaian laik kegunaan secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol. Proses ini dilakukan oleh lembaga berwenang. Setelah lolos uji, tarif tol bakal ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR sesuai dengan peraturan nan berlaku," jelas Rudy dalam keterangan resmi.

"Dengan mempertimbangkan perubahan alami akibat suhu, cuaca, dan beban kendaraan, kami tetap memastikan bahwa kualitas beton dan prasarana jalan tol ini tetap terjaga. Pemeriksaan secara berkala juga bakal terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," imbuhnya.

Rudy menegaskan PT JMJ bakal memeriksa secara rutin pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM). Pemeriksaan mencakup kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, hingga pelayanan pertolongan dan pengamanan di sepanjang jalan tol.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com