Rosan Roeslani Dorong Kolaborasi untuk Hadapi Ancaman Global

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Kolaborasi dalam beragam sektor ekonomi politik disebut menjadi kunci menjawab tantangan global, antara lain berupa perubahan iklim, disrupsi teknologi, hingga ketahanan ekonomi pascapandemi. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Perkasa Roeslani menyatakan, kerjasama dapat memberi kepastian kepada para investor.

Pada sesi "Encouraging Greater Collaboration" di arena Milken Institute Asia Summit 2024, Rosan Perkasa Roeslani sebagai panelis turut menyampaikan rayuan kepada penanammodal untuk melangkah berbareng menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Ketidakpastian adalah akibat terbesar stabilitas geopolitik global. Jawaban dari ancaman itu adalah kolaborasi," kata Rosan di Singapura, Rabu (18/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Rosan, situasi nan tenteram dan stabil menjadi kekuatan Indonesia di tengah dinamika politik ekonomi dunia saat ini. Hal itu tergambar antara lain melalui pemilihan umum pada awal 2024 lalu.

Adapun guna mendukung kebijakan pemerintah membangun Sumber Daya Manusia (SDM), pemerintah menyediakan akomodasi berupa kebijakan Super Tax Deduction nan mendorong investasi di bagian penelitian dan pengembangan, serta training vokasi.

"Pemerintah bakal memberikan insentif bagi perusahaan nan berperan-serta dalam program vokasi dan pendidikan bagi tenaga kerja Indonesia, mendapatkan pengurangan pajak hingga 200 persen. Sementara bagi nan berinvestasi dalam aktivitas R&D bakal mendapatkan pengurangan pajak hingga 300 persen," papar Rosan.

Di sisi lain, Indonesia juga tetap mempunyai potensi daya baru terbarukan sekitar 3.700 GW, terdiri dari daya surya, tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air, biomassa, arus pasang surut, hingga daya panas bumi.

Namun, lanjut Rosan, Indonesia menghadapi tantangan untuk mengubah potensi itu menjadi benefit untuk rakyat. Terlebih, kondisi politik dunia nan tak menentu turut memberi tekanan.

"Indonesia mempunyai potensi daya hijau, namun perihal ini tidak dapat melangkah tanpa adanya kerja sama dari beragam pihak. Kuncinya adalah kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta. Kita mendorong skema public private partnership (PPP) dalam mempercepat program daya hijau," ujarnya.

Hingga saat ini, Indonesia ditegaskan Rosan terus mengupayakan peningkatan daya saing SDM, serta mempercepat ekonomi hijau melalui beragam kebijakan.

Milken Institute Asia Summit 2024 adalah arena pembentukan kemitraan strategis untuk mengakses pasar baru dan meningkatkan pertumbuhan jangka panjang. Dihadiri oleh para pemimpin di beragam sektor, Milken Institute Asia Summit sekaligus menjadi wadah obrolan mengenai tantangan dan kesempatan nan dihadapi Asia, khususnya dalam konteks ekonomi global.

Pada Milken Institute Asia Summit, para pemimpin, pengusaha, filantropis, dan master ekonomi saling berganti buahpikiran dan penemuan nan bermaksud menggerakkan perekonomian di area Asia. Kehadiran Rosan di aktivitas tersebut menjadi bentuk komitmen Indonesia menjadi bagian dari solusi atas tantangan saat ini, seperti stabilitas politik dan perubahan rantai pasok.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com