Pengusaha Soal Prabowo Ingin Ekonomi Terbang 8 Persen: Jangan Pesimis

Sedang Trending 3 jam yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 18 Okt 2024 12:15 WIB

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan mimpi menerbangkan ekonomi Indonesia ke level 8 persen memang perlu dimiliki. Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan mimpi menerbangkan ekonomi Indonesia ke level 8 persen memang perlu dimiliki. (CNN Indonesia/Andry Novelino).

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid buka  bunyi soal mimpi presiden terpilih Prabowo Subianto menerbangkan ekonomi Indonesia ke level 8 persen.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi 8 persen dalam lima tahun ke depan merupakan syarat utama untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang krusial kita punya angan dulu. Jangan langsung pesimis," ujarArsjad dalam aktivitas Gen8 Talk: 8% Bisa nan diselenggarakan Kadin Indonesia di Ganara Art Space, FX Sudirman, Kamis (17/10).

Ia menegaskan Indonesia mempunyai beragam kelebihan kompetitif nan dapat dioptimalkan untuk mencapai sasaran tersebut.Keunggulan itu antara lain; tenaga kerja, kekayaan biodiversitas, sumber daya hijau, dan stabilitas pertumbuhan ekonomi dalam dua dasawarsa terakhir.

Selain modal itu, Arsjad mengatakan sejatinya Prabowo tidak tidak bekerja sendiri. Para pengusaha siap untuk membantu dan bekerja-sama dengan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita itu.

"Kami memahami bahwa untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 8 persen, diperlukan kerjasama dan kerjasama dengan beragam pihak. Terlebih, generasi muda dihadapkan dengan tantangan besar, sehingga transformasi serta keahlian beradaptasi menjadi kunci," tambah Arsjad.

Arsjad menambahkan pihaknya sudah membikin White Paper nan terbagi dalam empat pilar strategis dan 18 tema pertumbuhan untuk disampaikan ke Prabowo supaya sasaran itu bisa dicapai.

Jika seluruh inisiatif nan diusulkan dalam White Paper tersebut sukses diimplementasikan, dia memproyeksikan pemerintah dapat mencapai sasaran pertumbuhan ekonomi dan juga menciptakan hingga 23 juta lapangan pekerjaan baru pada 2029.

Adapun tujuh konsentrasi area prioritas nan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi, antara lain pengembangan prasarana nan terintegrasi, ketahanan energi, percepatan UMKM, transformasi jasa kesehatan, serta pembangunan ekosistem ketahanan pangan nan mandiri.

[Gambas:Video CNN]

(lau/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com