Pelesir WNI ke Singapura Naik Jadi 119 Ribu Orang Imbas Taylor Swift

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan visitor asal Indonesia ke Singapura melonjak pada Maret 2024.

Lonjakan pelesir itu dipicu oleh adanya beragam konser internasional nan dihelat di negara tersebut, salah satunya Taylor Swift.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan kunjungan penduduk RI ke Singapura mencapai 119 ribu orang. Angka ini mencapai 17,26 persen dari total visitor nan melakukan perjalanan ke luar negeri pada Maret, ialah 691.546.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan kunjungan visitor Indonesia ke Arab Saudi juga meningkat menjadi 117 ribu perjalanan. Angka ini mencapai sekitar 16,99 persen dari total visitor nan berjamu ke luar negeri.

"Masing-masing didorong antara lain oleh penyelenggara konser musik internasional di Singapura dan umroh ke Arab Saudi," ucap Amalia dalam konvensi pers di Jakarta, Kamis (2/5).

Adapun kunjungan 691.546 visitor RI nan pergi ke luar negeri pada Maret itu naik 4,85 persen dibanding Februari 2024 alias meningkat 7,45 persen jika dibandingkan Maret tahun lalu.

Secara akumulatif, visitor RI nan melancong ke luar negeri mencapai 2.185.806 sepanjang Januari-Maret 2024. Angka ini meningkat 15,75 persen dibandingkan periode nan sama tahun lalu.

Taylor Swift sendiri menghelat konser The Eras Tour di Singapura selama enam hari nan terbagi dalam dua pekan, ialah 2-4 Maret 2024 dan dilanjutkan pada 7-9 Maret 2024.

Singapura menjadi kota dengan konser Eras Tour terbanyak di Asia Pasifik dan satu-satunya di Asia Tenggara.

The Eras Tour jenis Singapura digelar di National Stadium nan berkapasitas sekitar 50 ribu orang. Dengan begitu, ada sekitar 300 ribu tiket nan tersedia selama Taylor konser enam hari.

Namun jumlah tersebut tak sebanding dengan minat nan membludak atas The Eras Tour di Singapura. Konon ada nyaris 22 juta orang mendaftarkan diri ikut ticket war Eras Tour Singapura.

[Gambas:Video CNN]

Channel News Asia melaporkan permintaan penerbangan dan akomodasi di Singapura naik 30 persen sebagai imbas dari penyelenggaraan konser Eras Tour dari Taylor Swift.

"Permintaan dari visitor internasional dan penonton konser terus memberikan akibat positif terhadap okupansi resor kami, nan bakal berada pada tingkat puncak mulai awal bulan Maret dan seterusnya," kata Cavaliere Giovanni Viterale, cluster general manager Raffles Sentosa Singapore dan Sofitel Singapore Sentosa Resort & Spa beberapa waktu lalu.

Pihak maskapai asal Singapura, Jetstar Asia menyebut permintaan naik hingga 20 persen di rute nan menghubungkan Singapura dengan Bangkok, Jakarta, dan Manila di tanggal penerbangan sekitar Eras Tour.

(mrh/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com