PBVSI Beber Target untuk Timnas Voli Putra dan Putri Indonesia di AVC Challenge Cup 2024

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Timnas bola voli putra dan putri Indonesia kembali berperan-serta dalam ajang Asian Volleyball Confederation alias AVC Challenge Cup 2024. PBVSI selaku federasi bola voli Tanah Air pun membeberkan sasaran nan dipasang untuk masing-masing skuad.

Sekadar informasi, PBVSI sebelumnya telah memutuskan mengirim tim pelapis untuk berperan-serta dalam perhelatan AVC Challenge Cup 2024 for Women nan berjalan di Filipina mulai 22 Mei hingga 29 Mei 2024.

Keputusan tersebut diambil lantaran skuad senior lebih konsentrasi berkompetensi di Proliga 2024, sementara tim junior diharapkan dapat mulai memanaskan mesin jelang tampil di AVC U-17, U-19, hingga SEA Games 2025.

Adapun unik skuad putra, PBVSI sudah menyiapkan tim Jakarta Garuda Jaya nan sempat ambil bagian dalam Proliga 2024. Mereka selanjutnya bakal dikirim ke Bahrain guna melakoni AVC Challenge Cup 2024 for Men nan diselenggarakan mulai 2 Juni sampai 9 Juni 2024 mendatang. Kemudian pada 23-30 Juli 2024 bakal mengikuti event AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024 di Surabaya, nan diikuti oleh 16 negara.

Sehubungan dengan perihal itu, Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo pun mengaku sudah memberi sasaran buat masing-masing skuad dalam gelaran kali ini. Timnas voli putra Indonesia diharapkan bisa mempertahankan posisi finis di urutan 6 tahun lalu. Sementara tim putri nan sebelumnya menyandang status runner-up hanya diminta tampil maksimal dan mengamankan ranking 4 alias 5, karena mereka diperkuat pemain pelapis.

"Di Bahrain (AVC Challenge Cup 2024 Putra) kita memang agak (sulit), lantaran lawannya kuat-kuat. Tahun lampau kita urutan 6. Kalau bisa, tetap pada posisi tahun lampau di Bahrain. Mudah-mudahan kita bisa pertahankan nan AVC tahun lalu," ucap Ketum PBVSI Imam Sudjarwo saat ditemui Liputan6.com di Gedung Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat pada Rabu (22/5/2024).

"Tapi kalo AVC tahun lalu, timnas voli putri Indonesia jadi runner-up, paling tidak sasaran kita mereka main nan terbaik saja di Filipina. Syukur jika putri bisa pertahankan runner-up. Namun, paling tidak sasaran kita bisa 4 alias 5 besar nan putri," tambahnya.

Berita Video, Highlights AVC Challenge Cup 2023 antara Indonesia Vs Kazakhstan pada Rabu (12/7/2023)

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tim Putra Bidik Tiket Piala Dunia Voli U-21 2025

Meski tak diberi sasaran terlampau besar di AVC Challenge Cup 2024, PBVSI tetap meletakkan angan unik untuk timnas voli putra Indonesia di arena berbeda. Mereka diminta tembus 4 besar dalam Kejuaraan Voli Asia U-20 namalain AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024 nan berjalan di Surabaya pada 23 Juli hingga 30 Juli 2024.

Predikat 4 besar dibutuhkan agar timnas voli putra Indonesia mendapat kesempatan berperan-serta dalam Piala Dunia FIVB U-21 nan digelar tahun depan. Tanah Air pun selanjutnya bakal mencoba peruntungan menjadi tuan rumah di arena tersebut.

"Garuda Jaya (timnas voli putra Indonesia) ini kita kirim ke AVC Challenge Cup di Bahrain. Setelah itu, goal-nya adalah AVC U-20 nan bakal dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 23-30 (Juni). Mudah-mudahan, kita minta angan restu dari masyarakat secara luas, agar Indonesia nan U-20 ini bisa menang alias masuk 4 besar," ucap Ketum PBVSI Imam Sudjarwo.

"Kalau masuk 4 besar, itu langsung bisa ikut Kejuaraan Dunia U-21 pada 2025. Harapannya seperti itu, dan jika memang tim putra kita bisa masuk 4 besar, masuk Piala Dunia U-21, kita mau meminta ke FIVB (federasi bola voli dunia) agar (kompetisinya) bisa dimainkan di Indonesia pada 2025 mendatang," tutur Imam Sudjarwo.

Sasaran Jangka Menengah Timnas Putri

Sementara itu bagi timnas putri nan diturunkan ke AVC Challenge Cup 2024, PBVSI juga menyiapkan sasaran jangka menengah nan bermuara pada SEA Games 2025. Federasi bola voli Tanah Air berambisi arena ini bisa jadi sarana pembinaan prestasi bagi pasukan Merah Putih jelang menatap ajang-ajang selanjutnya.

"Tim putri ini juga sekaligus dalam rangka upaya pembinaan prestasi dari PBVSI. Sekarang mereka bertanding di AVC Challenge Cup Filipina, kelak setelah itu mereka bakal diberangkatkan lagi ke Thailand dalam rangka AVC U-17. Setelah itu, lanjut lagi, mereka dikirim ke AVC U-19 di Vietnam," papar Imam Sudjarwo.

"Setelah itu, (tim putri) kita bakal arahkan SEA Games untuk tahun 2025. Tentu kita bakal ambil pemain-pemain muda ini, berasosiasi dengan pemain senior. Kita targetnya adalah di SEA Games 2025. Jadi walaupun itu lapis kedua, tapi ada sasaran nan memang mau kita raih," tandas Ketum PBVSI.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga