MenPAN RB Jamin ASN Berkeluarga Tak Berbagi Unit Hunian di IKN

Sedang Trending 5 hari yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 14 Sep 2024 10:15 WIB

Menpan RB Abdullah Azwar Anas memastikan ASN berfamili nan bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) tak perlu berbagi unit hunian. Menpan RB Abdullah Azwar Anas memastikan ASN berfamili nan bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) tak perlu berbagi unit hunian. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan aparatur sipil negara (ASN) sudah berfamili nan bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) tak perlu berbagi unit kediaman dengan abdi negara lain.

Menurutnya, perihal tersebut berasas pengarahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyampaikan perihal itu usai melakukan peninjauan bilik tinggal di salah satu tower kediaman bagi ASN nan berada di IKN.

Pada kesempatan itu, Anas menyampaikan bahwa kediaman nan ditujukan bagi ASN sangat nyaman untuk ditinggali. Ia menyebut kediaman tersebut diperuntukkan bagi ASN dan keluarga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hunian bagi ASN tempatnya sangat nyaman menurut saya untuk ASN dan sudah diputuskan presiden satu family satu unit tidak lagi sharing," ujar dia dalam keterangan tertulis, Jumat (13/9).

Ia berambisi adanya akomodasi tempat tinggal itu dapat mendukung keahlian ASN nan bakal bekerja di IKN.

Setiap unit kediaman ASN di IKN mempunyai satu bilik mandi dan tiga kamar, di mana satu bilik utama dilengkapi dengan bilik mandi. Terdapat juga ruang tamu, ruang makan, dapur, dan ruang cuci piring.

Hunian ASN di IKN juga menerapkan smart home system, di mana pegawai negeri cukup scan barcode untuk masuk ke kamar.

Berdasarkan info dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sasaran jumlah tower mencapai 47 tower kediaman nan terdiri atas sekitar 2.820 unit hunian.

Dari 47 tower tersebut, jumlah tower nan bakal ditempati untuk ASN pada tahap awal adalah 29 tower alias sekitar 1.740 unit hunian. Selebihnya bakal ditempati oleh prajurit TNI/ personil Polri.

Lebih lanjut, Anas mengatakan kediaman ASN nan nyaman dan letak nan dekat dengan sumbu kebangsaan IKN dapat dimanfaatkan untuk berolahraga alias melangkah kaki menuju pusat perkantoran.

"Sekarang sudah ada 560 unit nan sudah siap, dan presiden berambisi ini sistemnya terintegrasi dengan sistem digital dan kualitasnya juga baik untuk ASN," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(del/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com