Menhub Usai Lakukan Uji Pendaratan Pesawat di Bandara IKN: Sempurna

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 12 Sep 2024 12:18 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara IKN mulai diuji pendaratan pada Kamis (12/9) ini. Pendaratan lancar dan sempurna. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara IKN mulai diuji pendaratan pada Kamis (12/9) ini. Pendaratan lancar dan sempurna. ( AFP/YASUYOSHI CHIBA).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara IKN mulai diuji pendaratan pada Kamis (12/9) ini.

Mengutip akun Instagramnya, Budi mengatakan uji pendaratan dilakukan dengan menggunakan pesawat Jet Longitude milik Balai Kalibrasi.

Pesawat ini terbang dengan kecepatan Ground speed 480 NM/jam alias 880 km/jam. Kecepatan ini katanya sudah setara dengan kecepatan pesawat narrow body seperti Boeing 737 alias Airbus 320.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasilnya, pesawat sukses dengan mulus dan sempurna di runway airport IKN.

[Gambas:Instagram]

"Alhamdulillah, setelah melewati beragam proses kalibrasi dan serangkaian uji coba keselamatan penerbangan, pesawat Jet Longitude milik Balai Kalibrasi @bbkfp_official sukses mendarat di runway Bandara IKN dengan selamat dan sempurna," katanya dalam unggahan tersebut.

Sementara itu Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan Budi Karya Sumadi ikut dalam tes pendaratan perdana pesawat jet di Bandara IKN.

"Hari ini tes landing perdana pesawat jet mendarat di Bandara IKN. Pesawat tersebut ditumpangi oleh Menhub," kata Yusuf dalam pesan singkat di IKN.

Yusuf mengatakan tes mendarat itu merupakan bagian dari tes sebelum pesawat kepresidenan nantinya bakal mendarat di airport IKN.

Pada Kamis hari ini Presiden mulai berkantor di Istana Kepresidenan IKN. Presiden dijadwalkan memberikan pengarahan kepada ketua TNI dan Polri.

Jokowi bakal berkantor di IKN selama 40 hari hingga tanggal 19 Oktober 2024, alias satu hari menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selama masa berkantor di IKN, Presiden juga tetap bakal berkeliling melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com