KKP Dukung Susu Ikan di Makan Gratis Prabowo: Sudah Ada Pembicaraan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut saat ini sudah ada beberapa produsen susu ikan di Indonesia. Jenis susu ini diharapkan bisa menjadi menu pengganti susu sapi di program makan bergizi gratis Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Budi Sulistyo menyebut salah satu pabrik kreator susu ikan terbesar ada di Indramayu, Jawa Barat. Pabrik itu sudah bisa memproduksi 30 ton per tahun.

"Ini mungkin satu solusi juga meningkatkan kesejahteraan nelayan lantaran bahan bakunya adalah ikan petek, ikan selar nan sebenarnya di pasar harganya rendah,"  ujarnya dalam wawancara berbareng CNN Indonesia TV, Selasa (10/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, pembicaraan dengan tim Prabowo sudah dimulai. Namun, memang pembahasannya baru di tahap awal.

"Tim nan bekerja untuk susu ikan sudah melakukan beberapa pembicaraan dengan beragam pihak dan kita berambisi ini menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan susu dan kami minta terus berkembang," imbuhnya.

Budi menjelaskan susu ikan ini adalah hasil olahan daging ikan melalui serangkaian proses dan pemurnian untuk menghasilkan konsentrat protein ikan.

Konsentrat protein ikan itu kemudian dicampur dengan beragam bahan lain untuk menciptakan tekstur dan rasa nan mirip dengan susu konvensional. Selain lebih bergizi, Budi memastikan susu ikan tidak amis, tidak berbau dan tidak berwarna.

Budi mengakui saat ini susu ikan baru bisa menjadi pendamping dan melengkapi kekurangan kebutuhan susu sapi. Namun, andaikan serius dikembangkan, susu ikan tak sekadar komplementer susu sapi, tapi bisa jadi pengganti.

"Saya percaya ke depan, jika kita bekerja sama-sama, ini (susu ikan) dari awalnya komplementer, lampau jadi pendamping dan kelak bisa menjadi memenuhi kebutuhan (susu) di Indonesia," katanya.

Ia berambisi susu ikan nan tengah dikembangkan bisa menggantikan posisi susu sapi di masa depan. Sebab, kandungan gizinya diklaim lebih tinggi dari pada susu sapi.

Adapun susu ikan diklaim mengandung omega 3 nan tinggi dan memang dibutuhkan untuk mendukung pembentukan dan perkembangan otak sehingga bagus untuk mendukung masa pertumbuhan anak.

Selain itu, berasas penelitian dan pemeriksaan nan dilakukan KKP, kandungan susu ikan bebas dari alergen. Hal ini berbeda dengan susu sapi, nan kandungan omeganya rendah dan bisa memicu alergi.

Karenanya, dia berambisi susu ikan ini bisa menjadi bagian dari pemenuhan program Makan Bergizi Gratis nan dicanangkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Kami berambisi hasil penemuan ini menjadi penguat kebutuhan susu di Indonesia, terutama anak-anak nan sedang tumbuh," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com