Sandiaga Klaim Pariwisata IKN Mulai Tarik Minat Pengunjung

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengklaim keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mulai menarik minat visitor dari luar daerah.

"Pariwisata di IKN ini kita sangat berterima kasih lantaran saat dibuka kemarin banyak sekali minat, terutama dari daerah-daerah lain untuk memandang ibu kota negara kita," kata Sandiaga di Pakem, Sleman, DIY, Kamis (19/9).

Menurut Sandiaga, visitor menunjukkan ketertarikannya untuk memandang langsung siluet Istana Garuda nan menjadi gedung instansi presiden.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, para visitor juga tertarik bakal aspek konservasi lingkungan, lokasi wisata alam serta desa wisata di IKN.

"Jadi ini bakal terus kita perkuat, kita bakal tawarkan sebagai salah satu paket wisata nan bisa dinikmati oleh wisatawan," terangnya.

Sandiaga sebelumnya juga telah mengungkap rencana kementeriannya membangun dua lokasi wisata alam di dekat IKN demi menyediakan pilihan kunjungan wisata bagi visitor maupun penduduk setempat.

Dua lokasi wisata nan disiapkan Kemenparekraf adalah wisata alam Gua Tapak Raja nan berada di Desa Wonosari dan Hutan Mangrove di Kelurahan Mentawir. Keduanya berlokasi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami sedang siapkan perencanaan pembangunan wisata Hutan Mangrove (bakau) dan Gua Tapak Raja di Sepaku," kata Sandiaga Uno saat meninjau Pantai Nipah-Nipah di Penajam, seperti dilansir Antara, Senin (12/8).

Sandiaga mengatakan, penyediaan tujuan pariwisata di area ibu kota baru Indonesia, agar masyarakat Kota Nusantara maupun visitor dalam dan luar negeri nan berjamu punya beragam pilihan kunjungan wisata.

Selain itu, Kemenparekraf juga menyiapkan lokasi wisata lain nan terdapat di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, sebagai pengganti tujuan wisata ibu kota baru Indonesia.

"Kami juga siapkan lokasi wisata nan ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur lainnya untuk tunjang pariwisata Kota Nusantara," ujar Sandiaga.

Bukan hanya Gua Tapak Raja dan Hutan Mangrove, Sandiaga mengungkapkan bahwa ada wisata berkepanjangan lainnya nan disiapkan di dekat IKN di antaranya, kebun raya, Bukit Bangkirai dan budaya pampang nan ada di Provinsi Kalimantan Timur.

Dia mengaku telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo mengenai rencana menyiapkan pariwisata di IKN, ketika rapat kabinet paripurna perdana di Istana Garuda Kota Nusantara pada Senin (12/8) pagi.

Kemenparekraf juga menyusun konsep pariwisata ramah lingkungan (ecotourism) ibu kota masa depan Indonesia dan wilayah mitra Kota Nusantara, serta area sekitarnya.

Sandiaga berambisi bisa menciptakan produk wisata dari sistem pengelolaan sampah di lokasi wisata seperti dengan membujuk visitor menanam bakau maupun melalukan restorasi terumbu karang (wisata carbon offset)

[Gambas:Video CNN]

(kum/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com