Perkuat Implementasi ESG, BRI Wujudkan Keuangan yang Berkelanjutan

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI terhadap akibat sosial, lingkungan dan tata kelola, kerap mencatatkan beragam prestasi, seperti keberhasilan mempertahankan rating MSCI pada nilai A selama 3 tahun berturut-turut.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Kepatuhan BRI, A. Solichin Lutfiyanto pada Media Briefing berjudul "Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas: Memaksimalkan Peran Lembaga Jasa Keuangan di Era ESG". Pada 2024, BRI juga sukses mendorong ranking ESG oleh S&P dari 63 menjadi 75, nan merupakan skor tertinggi di industri perbankan Indonesia.

"BRI memahami pencapaian skor ESG nan tinggi bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan merupakan upaya berkepanjangan untuk memastikan mereka (operasional BRI) tetap berada di jalur nan betul dan memenuhi standar internasional," tutur Solichin di Jakarta Pusat, Kamis (12/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan pendekatan nan berfokus pada keberlanjutan, BRI memperlihatkan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan bukan hanya krusial untuk masa depan, tetapi juga dalam meraih kesuksesan jangka panjang.

Solichin mengungkapkan, BRI melalui kerjasama dengan Morningstar Sustainalytics telah menyelesaikan tinjauan tahunan nan mencatatkan konsistensi upaya perseroan menurunkan ESG Risk Rating. Dalam 2 tahun, BRI mempertahankan predikat Low Risk dengan skor terbaru 17,8.

Predikat Low Risk dari Sustainalytics menjadi pengakuan lembaga rating berskala internasional terhadap komitmen BRI atas penerapan keberlanjutan dalam perusahaan.

Menurut Solichin, laporan ESG itu perlu dilakukan lantaran tetap banyak pihak tak memahami ESG, sehingga sering kali hanya memandang hasil akhir tanpa memahami proses. Dirinya mengakui, perjalanan mencapai skor ESG nan tinggi itu memerlukan upaya dan perbaikan berkelanjutan.

"BRI selalu berupaya memberikan laporan nan jelas dan jeli untuk menunjukkan komitmen kami terhadap prinsip ESG," ujarnya.

Pada kesempatan nan sama, mahir ekonomi Ryan Kiryanto menyampaikan apresiasi terhadap komitmen BRI menerapkan prinsip ESG. Bagi Ryan, BRI sukses mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG ke dalam operasional perusahaan dengan transparansi nan tinggi dan akibat nyata nan signifikan.

Terlebih, BRI tak hanya berfokus pada simbolisasi lingkungan seperti penanaman pohon, tetapi juga menyediakan jasa inklusif dengan tak mengabaikan golongan berkebutuhan khusus.

Ryan menilai, BRI sukses memberi contoh tentang kontribusi lembaga finansial dalam pembangunan berkepanjangan nan menciptakan akibat positif melalui praktik ESG.

"BRI adalah contoh cemerlang dari sebuah lembaga finansial nan tidak hanya memenuhi standar ESG, tetapi juga menunjukkan dedikasi nan konsisten dalam menerapkannya," kata Ryan.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com