Kilas Balik Euro 2016: Akhir Penantian Portugal dan Cristiano Ronaldo

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa terus melebarkan sayap. Untuk kali pertama sepanjang sejarah peserta turnamen utama berjumlah 24 dari sebelumnya 16.

Sebanyak 23 tiket tersedia dari kualifikasi demi menyusul tuan rumah Prancis nan lolos otomatis. Bertambahnya kuota juga berfaedah membuka kesempatan berperan-serta pertama kali.

Peluang itu dimaksimalkan kuartet Albania, Islandia, Irlandia Utara, dan Wales nan melakoni debut.

Bertambahnya peserta juga membuka pintu kontestan melaju ke babak gugur. Mereka tidak perlu menempati dua posisi teratas grup untuk lolos ke babak 16 besar. Portugal memanfaatkan situasi ini dan lolos sebagai salah satu ranking tiga terbaik meski kandas menang di Grup F.

Kejutan terjadi di 16 besar Euro 2016 lewat kandasnya Inggris di tangan Islandia. Sedangkan juara memperkuat Spanyol terkena balas dendam Italia dari final empat tahun sebelumnya.

Seleksi alam berlanjut, menghasilkan Portugal, Wales, Jerman, dan Prancis di semifinal. Portugal (vs Wales) dan Prancis (vs Jerman) meraih kemenangan sehingga berkompetisi di laga puncak.

Dalam duel ketat, Portugal merusak skenario pesta Prancis berkah gol tunggal Eder pada tambahan waktu. Ini adalah gelar pertama Seleccao das Quinas di pentas internasional, sekaligus mengakhiri penantian megabintang Cristiano Ronaldo nan memburu gelar berbareng tanah kelahirannya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga