Jokowi Siapkan 4 Ha Lahan Buat Investor Baru IKN

Sedang Trending 6 hari yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 13 Sep 2024 18:53 WIB

Presiden Jokowi menyiapkan lahan seluas 4 hektare untuk penanammodal baru nan bakal masuk ke IKN Nusantara. Presiden Jokowi menyiapkan lahan seluas 4 hektare untuk penanammodal baru nan bakal masuk ke IKN Nusantara. (Foto: Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan lahan seluas 4 hektare untuk investor baru nan bakal masuk ke IKN Nusantara.

Ketersediaan tanah tersebut dilaporkan Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono dan Plt Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni kepada Presiden Jokowi. Lahan sekitar 2 hektare hingga 4 hektare itu bakal dibangun untuk 493 bidang.

"Sudah disiapkan 493 bagian seluas 2 hektare, 3 hektare, sampai 4 hektare nan bakal kita launching untuk bisa investasi masuk lagi. Terserah mau mixed use, kantor, tapi tergantung plot," kata Jokowi ketika meresmikan Hotel Nusantara Swissotel di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Calon penanammodal baru nan bakal masuk diperbolehkan membikin beragam macam bangunan. Namun, Jokowi menekankan pembangunan kudu disesuaikan dengan plot-plot nan sudah ditetapkan Otorita IKN.

Misalnya, di plot perdagangan bisa masuk investasi nan cocok dengan sektor tersebut. Begitu pula dengan titik-titik untuk instansi hingga hotel nan kudu sesuai tempatnya.

"Saya sekali lagi mau memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya kepada investasi swasta," tegas Jokowi.

Jokowi tak merinci sudah ada berapa calon penanammodal nan mengantre masuk ke IKN. Khususnya, mereka nan bakal menempati 493 bagian di atas tanah seluas 4 hektare tersebut.

Kendati, sang Kepala Negara sudah punya strategi umpama jualannya itu 'tak laku'. Jokowi bakal menyerahkan lahan tersebut kepada Konsorsium Nusantara nan dipimpin Bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma namalain Aguan.

Terlebih, Aguan Cs sudah banyak membantu Jokowi di IKN Nusantara. Investasi teranyar mereka adalah Swissotel Nusantara, ialah hotel bintang lima dengan 191 bilik nan pembangunannya rampung dalam 9 bulan.

"Kalau kelak nan 493 (bidang) ini ada nan gak sanggup, ya saya serahkan ke Konsorsium (Nusantara) lagi," ucap Jokowi.

"Saya sangat menghargai investasi nan telah dilakukan Konsorsium (Nusantara). Semoga Konsorsium mendapatkan untung, tetapi IKN juga mendapatkan keuntungan. Dua-duanya mendapatkan untung dan bisa melangkah bersama-sama," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com