Jokowi Perintahkan IEU-CEPA Rampung Juli Usai Mangkrak 8 Tahun

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 25 Jun 2024 22:30 WIB

Presiden Jokowi memerintahkan perjanjian jual beli dengan Eropa (IEU-CEPA) nan sudah 8 tahun mandek dirampungkan sebelum Oktober 2024. Presiden Jokowi memerintahkan perjanjian jual beli dengan Eropa (IEU-CEPA) nan sudah 8 tahun mandek dirampungkan sebelum Oktober 2024. (Foto: Biro Setpres/Muchlis)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para menteri mengenai segera merampungkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (IEU-CEPA) nan sudah 8 tahun mandek.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan namalain Zulhas mengatakan Jokowi meminta agar perjanjian jual beli itu selesai sebelum pergantian pemerintahan pada Oktober 2024.

"Arahan presiden, IUE-CEPA sudah delapan tahun tidak selesai-selesai, dan tinggal beberapa poin lagi, sudah nyaris 90 persen" kata Zulhas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Zulhas kemudian menjelaskan ada sejumlah permintaan dari Uni Eropa mengenai kerja sama perdagangan tersebut. Salah satunya, pembebasan tarif impor produk susu dan keju dari Uni Eropa ke Indonesia.

Jokowi, kata Zulhas, menargetkan IEU-CEPA dapat rampung pada pertemuan ke-19 antara Indonesia dan Uni Eropa di Jakarta pada awal Juli mendatang.

Menurutnya, baik IUE-CEPA dan IUE-Eurasia hanya tinggal menunggu beberapa item lagi nan kudu dirundingkan. Ia pun optimistis perundingan ini bisa rampung di masa pemerintahan Jokowi.

"Jadi ini nyaris selesai. Mudah-mudahan 1-5 Juli selesai," kata Ketua Umum PAN itu.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com