Jokowi Pamer Bangun 42 Bendungan di KTT World Water Forum Bali

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

WORLD WATER FORUM

CNN Indonesia

Senin, 20 Mei 2024 13:36 WIB

Presiden Jokowi pamer telah sukses membangun 42 waduk di Indonesia selama dia menjabat di depan para pemimpin dunia. Presiden Jokowi pamer telah sukses membangun 42 waduk di Indonesia selama dia menjabat di depan para pemimpin dunia. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer telah sukses membangun 42 bendungan di Indonesia selama dia menjabat di depan para pemimpin dunia.

Tujuan pembangunan waduk itu, kata Jokowi, untuk memberikan kehidupan bagi wilayah nan kekurangan air.

"Dalam 10 tahun terakhir, Indonesia telah memperkuat prasarana airnya dengan membangun 42 bendungan," ujar Jokowi di dalam World Water Forum ke-10 di Bali, Senin (20/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi menyebut selama pemerintahannya juga sukses membangun seluas 1,18 juta hektar jaringan irigasi, 2.156 km pengendali banjir dan pengamanan pantai, serta merehabilitasi 4,3 juta hektar jaringan irigasi.

Tak hanya itu, Jokowi juga pamer air di Indonesia digunakan untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Air juga kami manfaatkan untuk membangun PLTS Terapung di waduk Cirata sebagai PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara," imbuhnya.

Lanjutnya, ada tiga perihal nan konsisten dilakukan Indonesia. Pertama, meningkatkan prinsip solidaritas dan inklusivitas untuk mencapai solusi bersama, terutama bagi negara-negara pulau mini dan nan mengalami kelangkaan air.

Kedua, memberdayakan hydro-diplomacy untuk kerja sama konkret dan inovatif, menjauhi persaingan dalam pengelolaan sumber daya air lintas batas.

Ketiga, memperkuat political leadership sebagai kunci sukses beragam kerja sama menuju ketahanan air berkelanjutan.

"Air bukan sekedar produk alam, tapi merupakan produk kerjasama nan mempersatukan kita sehingga butuh upaya berbareng untuk menjaganya," pungkas Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com