Insiden Percikan Api di Pesawat Haji Ganggu 100 Penerbangan Garuda

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 21 Mei 2024 07:00 WIB

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Irfan Setiaputra mengungkapkan kejadian percikan api pada pesawat haji GA-1105 berakibat pada 100 penerbangan. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Irfan Setiaputra mengungkapkan kejadian percikan api pada pesawat haji GA-1105 berakibat pada 100 penerbangan. Ilustrasi. (REUTERS/Regis Duvignau).

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Irfan Setiaputra mengungkapkan kejadian percikan api pada pesawat GA-1105 nan mengangkut ratusan calon jemaah haji kloter lima embarkasi Makassar berakibat pada 100 penerbangan lainnya.

Ia menjelaskan pesawat Boeing 747-400 (ER-TRV) nan bisa mengangkut lebih dari 450 penumpang itu sekarang sedang ditangani. Adapun penyebab percikan api juga tetap didalami.

Oleh lantaran itu, pesawat tersebut tak bisa digunakan untuk mengangkut jemaah Haji dari Makassar. Sebagai gantinya, Garuda mendatangkan dua pesawat nan lebih kecil, ialah PK-GIA B777-300 dan PK-GPM A330-200 untuk mengakomodir kloter selanjutnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun penggunaan dua pesawat itu berakibat pada terganggunya 100 penerbangan Garuda lainnya.

"Nanti sampai tanggal 25 (Mei) bakal mempengaruhi sekitar 100 pembalakan reguler baik domestik maupun internasional," kata Irfan dalam rapat dengar pendapat berbareng Komisi VII DPR RI, Senin (20/5).

Oleh lantaran itu, dia pun memohon maaf pada pengguna Garuda. Pasalnya, penerbangan Haji tetap menjadi prioritas utama perusahaan.

"Kami sampaikan pada pengguna Garuda mengenai implikasi ini dan memohon maaf lantaran buat kami di Garuda menerbangkan jemaah sudah perihal utama dan mempercepat penerbangan jemaah adalah tujuan utama kami," ucap Irfan.

Pesawat GS-1105 nan mengangkut calon jemaah haji kloter lima Embarkasi Makassar mengalami hambatan berupa asap keluar dari sayap pesawat sesaat setelah lepas landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu (15/5).

Video detik-detik kejadian itu beredar di media sosial. Dalam video, pesawat Garuda nan mengangkut 450 jemaah nan hendak berangkat ke tanah suci dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar itu tiba-tiba mengeluarkan percikan api saat bakal tinggal landas.

Irfan mengatakan pesawat nan mengangkut calon jemaah haji menuju Madinah, Arab Saudi, itu pun melakukan prosedur Return to Base (RTB) namalain kembali ke mendarat di airport asal.

Ia menjelaskan keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC), segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan hambatan pada mesin pesawat nan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine.

Setelah mendarat, para penumpang diberangkatkan kembali dengan pesawat pengganti, B747-412 registrasi ER-TRV.

"Kami putuskan saat itu pesawat kembali dan jemaah kembali ke pondok dan diterbangkan beberapa saat kemudian," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com