Insentif Pajak Beli Rumah Diperpanjang Sri Mulyani hingga Akhir Tahun

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 20 Sep 2024 08:14 WIB

Insentif PPN DTP rumah diperpanjang Menkeu Sri Mulyani, sehingga pajak beli rumah cuma-cuma sampai Desember 2024 Insentif PPN DTP rumah diperpanjang Menkeu Sri Mulyani, sehingga pajak beli rumah cuma-cuma sampai Desember 2024 (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi memperpanjang insentif pajak pertambahan nilai nan ditanggung pemerintah (PPN DTP) untuk sektor perumahan namalain pajak beli rumah hingga Desember 2024.

Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 61 Tahun 2024 nan diteken Sri Mulyani pada 11 September 2024. Beleid ini sudah bertindak efektif sejak Kamis (19/9).

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan insentif ini merupakan alas untuk mengantisipasi dinamika global. Ia menegaskan perlu percepatan pertumbuhan ekonomi melalui penguatan keahlian sektor-sektor strategis, termasuk bangunan dan perumahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita berikan support perumahan ini (PPN DTP) secara inklusif untuk semua kalangan. Kebijakan ini diharapkan bisa memberikan multiplier effect nan signifikan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi serta memperkuat resiliensi ekonomi nasional di tengah memburuknya dinamika global," kata Febrio dalam keterangan resminya usai PMK Nomor 61 Tahun 2024 terbit.

PPN DTP bertindak atas nilai jual rumah paling tinggi Rp5 miliar. Gratis pajak 100 persen ini diberikan untuk pembelian rumah mulai 1 September 2024 hingga 31 Desember 2024.

Insentif ini sejatinya bukan perihal baru. Presiden Joko Widodo dan jajarannya sudah memberikan PPN DTP 100 persen pada November 2023 dan Desember 2023, lampau dilanjutkan di Januari 2024-Juni 2024.

Di lain sisi, Kemenkeu menambah alokasi angsuran pemilikan rumah (KPR) subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 34 ribu unit. Ini membikin alokasi KPR untuk masyarakat miskin bertambah dari 166 ribu family ke 200 ribu keluarga.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com