Ibu Negara Belanja Produk UMKM Binaan Pertamina di Dekranas Expo 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, menunjukkan dukungannya terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menghadiri Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Expo 2024 nan berjalan di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/5).

Acara ini tidak hanya menjadi arena pameran produk kerajinan lokal, tetapi juga menjadi bukti komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan sektor UMKM di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Iriana tidak sendiri, dia didampingi oleh Wury Ma'ruf Amin, istri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kehadiran kedua tokoh krusial ini disambut hangat oleh para peserta pameran dan visitor nan memadati letak acara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama kunjungannya, Iriana dan Wury menunjukkan perhatian besar terhadap beragam produk UMKM nan dipamerkan. Mereka apalagi meluangkan waktu untuk singgah di beberapa stand UMKM, salah satunya adalah stand mitra bimbingan Pertamina.

Bahkan, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, membeberkan mereka membeli beberapa produk unggulan dari peserta bimbingan Pertamina, seperti batik dan gelang nan merupakan hasil karya perajin lokal.

"Ibu Iriana tadi membeli gelang di stand mitra bimbingan Pertamina dari toko UMKM Joglo Ayu dan membeli beberapa batik dari UMKM Griya Kain Solo," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5).

Ia menambahkan, Iriana dan Wury beserta Liza Erick Thohir juga sempat mencicipi kopi dari Canaya Geothermal Coffee, UMKM bimbingan Pertamina Geothermal Energy.

Fadjar menjelaskan bahwa kopi tersebut berasal dari Kamojang, Jawa Barat. Kopi tersebut telah melalui proses produksi serta pengeringan dengan menggunakan panas bumi alias geothermal, nan merupakan penemuan pertama di dunia.

Di sisi lain, pemilik Griya Kain Solo, UMKM bimbingan Pertamina asal Solo nan memproduksi batik tulis, Esti, mengaku senang bisa diajak Pertamina mengikuti pameran.

"Senang banget ya waktu di info ada pameran, lantaran pasti bisa meningkatkan omset, terus menambah pengguna dan produk kita bisa dipromosikan," kata Esti.

Sebagai informasi, Pertamina senantiasa berkomitmen untuk terus mendampingi UMKM agar naik kelas. Pertamina sendiri mempunyai beragam program untuk UMKM binaannya, khususnya UMKM kerajinan.

Beberapa diantaranya program pembinaan nan meliputi pelatihan, pelibatan dalam pameran baik di dalam maupun luar negeri, pemberian akses pada sertifikasi, pemberian hibah perangkat teknologi tepat guna, publikasi dan promosi.

(rir)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com