Hadirkan Showcase 5G, Wujud Totalitas Telkomsel Dukung PON XXI

Sedang Trending 4 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Telkomsel menggelar showcase 5G di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024 melalui teknologi terkini berupa pengalaman interaktif nan membawa pengguna lebih dekat dengan penemuan masa depan.

Showcase 5G Telkomsel nan didukung Kementerian Komunikasi dan Informatika ini disebar di tiga letak PON XXI, ialah Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga di Medan, serta Sport Center Deli Serdang dengan kerjasama berbareng para mitra vendor kelas bumi seperti Ericsson, Huawei dan Qualcomm.

Nantinya, visitor di ketiga letak itu bisa menjelajahi 11 use case 5G nan memanfaatkan spektrum gelombang 700 MHz, di mana seluruh use case ini bakal memberi pengalaman imersif dengan penemuan teknologi mutakhir nan mencakup 5G Cyber Dog, AI UU Robot, Smart Glasses, FMC Smart Home, Virtual Reality (VR), Sports Fan Engagement, 5G Device Ecosystem, 5G Smart Live Broadcast, Smart Pole CCTV, 5G New Calling, hingga Telkomsel.1.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan, visitor showcase 5G itu diharapkan dapat merasakan faedah dan potensi teknologi terkini secara langsung. Gelaran showcase di PON XXI sekaligus menjadi upaya Telkomsel memperluas akses pemanfaatan teknologi.

"Seluruh use case 5G nan dihadirkan merupakan bagian dari upaya dan semangat kami nan terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk menggerakan kemajuan dengan menghadirkan pengalaman menarik nan tidak hanya menambah keseruan gelaran olahraga terbesar di Indonesia ini, tetapi juga memberikan wawasan baru tentang potensi teknologi 5G dalam meningkatkan kualitas hidup di beragam aspek," kata Wong Soon Nam.

Adapun sejumlah use case unggulan itu termasuk dua robot berbasis 5G dengan keahlian multifungsi, ialah 5G Cyber Dog dan AI UU Robot nan dapat berinteraksi secara interaktif, melakukan pengenalan wajah, menyapa pengunjung, hingga memberikan info selama aktivitas berlangsung.

Lalu, ada use case Smart Glasses nan memberi visitor pengalaman live broadcasting ke media sosial seperti Instagram, menggunakan akun pribadi. Siaran live streaming itu hanya bisa dilakukan saat berada di area booth.

Use case selanjutnya, adalah FMC Smart Home, solusi rumah pandai berbasis Fixed Mobile Convergence (FMC) dan 5G dengan beragam fitur pandai seperti Smart Video Doorbell, Smart Visual Peephole, dan Smart Video Doorlock nan memberi elastisitas untuk menerima notifikasi, melihat, serta berinteraksi dengan tamu, serta mengunci alias membuka pintu dari jarak jauh.

Melalui integrasi CCTV Camera berbasis 5G, pengguna dapat memantau rumah secara real-time dengan kualitas video tinggi dan respons cepat, serta menerima notifikasi saat FMC Smart Home mendeteksi aktivitas mencurigakan. Seluruh perangkat pada FMC Smart Home dipastikan mendukung keamanan dan kenyamanan rumah pandai dengan lebih baik.

Telkomsel(Foto: arsip Telkomsel)

Sementara, melalui use case Teknologi Virtual Reality (VR), visitor bakal dapat merasakan suasana pertandingan layaknya berada di dalam area stadion, meskipun tetap di luar arena secara fisik.

Pada momen nan sama, Telkomsel membawa use case Immersive Sports Fan Engagement nan memanfaatkan kapabilitas network slicing 5G Telkomsel guna memberikan pengalaman menonton olahraga nan lebih individual dan interaktif.

Dengan Immersive Sports Fan Engagement, perspektif pandang kamera dapat disesuaikan secara real-time, sehingga visitor bakal merasakan momen pertandingan nan lebih mendalam dan imersif. Melalui use case nan diikuti pemanfaatan network slicing, visitor dapat melakukan aktivitas lain pada saat bersamaan, seperti bermain cloud gaming tanpa hambatan, memesan makanan alias merchandise langsung dari perangkat, tanpa ketinggalan keseruan pertandingan.

Berikutnya, dihadirkan use case 5G Device Ecosystem nan menampilkan beragam perangkat pendukung jaringan 5G, termasuk smartphone, perangkat wearable, dan perangkat Internet of Things (IoT) nan seluruhnya dirancang untuk memaksimalkan potensi jaringan 5G.

Showcase 5G Telkomsel juga menyajikan use case 5G Smart Live Broadcast, teknologi nan membikin produksi konten siaran langsung jadi lebih efisien dengan biaya lebih rendah. Hal ini memungkinkan lantaran support kapabilitas 5G Telkomsel nan menawarkan latensi rendah, bandwidth besar, dan stabilitas tinggi.

Sehingga, siaran real-time tetap berbobot tinggi, di mana penonton menyaksikan siaran dengan resolusi tajam dan hubungan imersif. Ke depannya, teknologi ini bakal dapat membuka kesempatan baru di sektor media, olahraga, dan e-commerce dengan peralatan siaran nan lebih portabel dan fleksibel.

Selain itu, terdapat use case Smart Pole CCTV guna mendukung beragam kebutuhan, seperti mendeteksi dan menghitung jumlah pelanggaran lampau lintas oleh pengendara di jalan raya. Teknologi ini juga dapat memantau jumlah visitor nan keluar-masuk di pusat perbelanjaan, memberi faedah lebih dalam meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan di beragam sektor.

Pada gelaran PON XXI, use case ini juga digunakan untuk menghitung jumlah visitor nan mendatangi booth.

Tak berakhir sampai di sana, Telkomsel turut menghadirkan use case 5G New Calling, ialah jasa komunikasi berbasis 5G nan mempermudah hubungan lintas bahasa tanpa halangan dengan fitur translator otomatis nan terintegrasi. Diharapkan, penemuan ini dapat memberikan pengalaman berkomunikasi nan lebih inklusif.

Terakhir, Telkomsel membawa use case Telkomsel.1, jasa konektivitas WiFi on-demand bagi pengguna dengan proses instalasi dan pengalaman nan sangat sederhana, sehingga memberikan kenyamanan maksimal dalam setiap perjalanan digital.

Di sisi lain, dalam upaya mendukung gelaran PON XXI, Telkomsel mengambil langkah penguatan serta optimasi kapabilitas dan kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung acara, mencakup penyediaan tambahan jaringan 5G di 12 letak strategis penyelenggaraan acara, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, hingga pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Dukungan terhadap PON XXI juga diwujudkan melalui beragam produk dan jasa Telkomsel, menyusul beragam penawaran unik selama perhelatan guna memenuhi kebutuhan komunikasi para atlet, official, volunteer, serta pengunjung.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com