Hadiri WWF, Menhub Harap Kesadaran Jaga Sumber Daya Air Meningkat

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Senin, 20 Mei 2024 22:00 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi berambisi agar kesadaran untuk menjaga sumber daya air semakin meningkat saat menghadiri World Water Forum Ke-10 2024 di Bali. Menhub Budi Karya Sumadi berambisi agar kesadaran untuk menjaga sumber daya air semakin meningkat saat menghadiri World Water Forum Ke-10 2024 di Bali. (AFP/YASUYOSHI CHIBA).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap agar kesadaran untuk menjaga sumber daya air bisa semakin meningkat saat menghadiri World Water Forum ke-10 2024 (WWF ke-10) di Bali.

Rangkaian aktivitas World Water Forum resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri oleh pemimpin dari beragam negara, termasuk Pendiri Tesla, Elon Musk.

"Kita tahu bahwa air adalah salah satu bagian kewenangan hidup dari masyarakat banyak dan ingat bahwa air semakin terbatas. Semoga kita dapat mengantisipasi sumber-sumber daya nan kita miliki, kudu kita jaga dan rawat dengan baik," ujar Budi, Senin (20/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Guna mendukung penyelenggaraan WWF ke-10 nan berjalan pada 18-25 Mei 2024, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah melakukan pengaturan operasional penerbangan mengenai penanganan kehadiran dan keberangkatan delegasi VIP/VVIP di Bali.

Selama waktu penyelenggaraan aktivitas juga dilakukan skema pengalokasian 62 parking stand pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Jumlah ini terbagi atas 48 lahan parkir untuk penerbangan komersil, 8 lahan parkir unik untuk delegasi WWF, dan 6 lahan parkir militer.

Budi menginstruksikan agar seluruh jajarannya aktif dalam bekerja-sama dengan pemangku kepentingan lainnya, untuk memastikan penyelenggaraan operasi penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Kemenhub mendukung aktivitas ini. Saya telah menginstruksikan agar kehadiran dan keberangkatan para delegasi ditangani dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam sambutannya pada Opening Ceremony menyampaikan, WWF ke-10 ini menjadi langkah strategis melakukan tindakan nyata dan komitmen berbareng mewujudkan manajemen sumber daya air nan terintegrasi.

Menurut Jokowi, air bukan sekadar produk alam tetapi produk kerjasama nan saling menghubungkan dan mempersatukan.

"Melestarikan air adalah tanggung jawab kita bersama," pungkas Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com