Daftar Calon Menteri Prabowo dari Kalangan Pengusaha

Sedang Trending 2 jam yang lalu
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pengusaha terkemuka dipanggil oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto, ke kediamannya di Jl Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Hal itu menjadi sinyal kuat mereka bakal mengisi posisi menteri dalam kabinet mendatang.

Beberapa pengusaha nan datang mulai dari Erick Thohir hingga CEO Jhonlin Air Transport Dudy Purwagandhi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut deretan pengusaha nan disebut-sebut siap memperkuat kabinet Prabowo-Gibran:

Erick Thohir

Pengusaha sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam kabinet Jokowi, Erick Thohir, turut menjadi kandidat kuat untuk kabinet Prabowo.

Erick, nan dikenal sebagai pemegang saham di dua emiten sektor media, PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Tbk (MARI), mempunyai kekayaan sekitar Rp2,3 triliun. Ia telah lama berkecimpung di bumi bisnis, menjadikannya salah satu menteri terkaya dalam kabinet saat ini.

Rosan Roeslani

Rosan Roeslani nan saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi dan Ketua Tim Pemenangan Nasional pasangan Prabowo-Gibran, juga diproyeksikan bakal mempertahankan posisinya.

Rosan mempunyai kekayaan Rp860 miliar dan mempunyai peran krusial dalam sejumlah perusahaan besar, termasuk PT Siloam International Hospitals Tbk, di mana dia menjabat sebagai Presiden Komisaris. Selain itu, dia juga dikenal sebagai mantan Ketua Umum Kadin Indonesia.

Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di kabinet Jokowi, juga dipanggil oleh Prabowo.

Airlangga dikenal sebagai pengusaha sukses dengan kekayaan Rp454,3 miliar. Ia juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk, menambah portofolio bisnisnya nan luas.

Bahlil Lahadalia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) era Jokowi Bahlil Lahadalia disebut-sebut bakal kembali menjadi bagian dari jejeran menteri Kabinet Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, Bahlil tercatat sebagai pemilik PT Rifa Capital, sebuah perusahaan holding dengan sepuluh entitas bisnis. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) nan dilaporkannya ke KPK pada April 2024, Bahlil memiliki kekayaan nan dilaporkan mencapai Rp310,4 miliar.

Maruarar Sirait

Meskipun lebih dikenal sebagai politisi, pengusaha Maruarar Sirait juga disebut-sebut sebagai kandidat menteri Kabinet Prabowo-Gibran.

Mantan personil DPR dari PDIP ini mempunyai kekayaan Rp85,8 miliar, dengan sebagian besar asetnya berupa tanah dan gedung nan tersebar di beberapa provinsi di Indonesia.

Widiyanti Putri Wardhana

Dari sektor agribisnis, pengusaha Widiyanti Putri Wardhana juga dipanggil oleh Prabowo.

Widiyanti yang merupakan pendiri PT Teladan Resource dan menjabat Komisaris PT Teladan Prima Agro Tbk, mempunyai pengalaman panjang di sektor agribisnis. 

Dudy Purwagandhi

CEO Jhonlin Air Transport Dudy Purwagandhi juga disebut-sebut bakal masuk dalam kabinet.

Ia terafiliasi dengan konglomerat Haji Isam nan mempunyai saham di sektor perkebunan dan pengolahan sawit, serta menjabat sebagai komisaris di PT PLN (Persero).

[Gambas:Video CNN]

(lau/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com