BRI Dukung Jelajah Kuliner Indonesia 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI turut berperan-serta dalam Jelajah Kuliner Indonesia 2024 bertema Menjelajahi Rasa, Merayakan Budaya di Sarinah, Jakarta pada 6-8 September. Pada aktivitas ini, dipromosikan beragam upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya dari industri kuliner.

Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto mengungkapkan bahwa support BRI terhadap Jelajah Kuliner Nusantara 2024 merupakan upaya untuk mendorong peningkatan potensi ekonomi di industri ekonomi kreatif, khususnya kuliner.

"Acara ini kami harapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan kapabilitas UMKM sehingga dapat terbangun upaya nan berkualitas. Di sisi lain, masyarakat juga diharapkan dapat menikmati dan mengonsumsi kuliner Nusantara sebagai warisan budaya," kata Amam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada aktivitas ini, ada sekitar 100 UMKM bimbingan BUMN nan terdaftar di PaDi UMKM nan terbagi dalam dua area utama, ialah 80 UMKM di area Pasar Jajan Indonesia dengan konsep minimarket, dan 20 UMKM kuliner otentik di area outdoor nan didatangkan langsung dari penjuru Indonesia, seperti Bebek Sinjay dari Bangkalan, Madura, Pecel Madiun Yu Gembrot dari Madiun, hingga kuliner unik Indonesia Timur.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting menyatakan, Jelajah Kuliner Indonesia 2024 tak hanya bermaksud membantu UMKM kuliner memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, tetapi menjadi upaya Kementerian BUMN untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner nusantara, khususnya kepada generasi muda.

"Melalui pagelaran Jelajah Kuliner Indonesia ini, kita berambisi generasi muda makin cinta dan bangga dengan makanan dan minuman unik Indonesia. Bahkan tidak itu saja, tapi juga mengkonsumsi dan membudayakan makanan dan minuman unik Indonesia di lingkungannya masing-masing," ujar Loto Srinaita Ginting.

Selain itu, Jelajah Kuliner Indonesia 2024 turut menjadi instrumen Kementerian BUMN untuk mendorong UMKM Go Digital, di mana seluruh UMKM nan mengikuti pagelaran sudah terdaftar pada platform PaDi UMKM.

PaDi UMKM merupakan platform nan dikembangkan atas inisiasi dari Kementerian BUMN untuk mendukung pemasaran UMKM. Saat ini, PaDi UMKM telah berkembang menjadi marketplace B2B dengan beragam fitur dan jasa nan memenuhi kebutuhan pengadaan peralatan dan jasa perusahaan BUMN.

Selain dapat mempertemukan seller UMKM dengan buyer BUMN, PaDi UMKM juga mempunyai jasa nan dapat digunakan masyarakat untuk melakukan transaksi retail, termasuk transaksi nan dilakukan di Bazar UMKM untuk Indonesia. Seluruh transaksi nan dilakukan selama bazar, dilakukan menggunakan platform PaDi UMKM.

Jelajah Kuliner Indonesia diharapkan dapat memberikan pengalaman kuliner nan tak terlupakan bagi para pengunjung. Selain sajian kuliner otentik Nusantara, visitor juga dapat berperan-serta dalam beragam kegiatan, seperti talk show dengan narasumber UMKM Terbaik, Workshop Icip-Icip, Live Cooking oleh chef terkenal, menyaksikan penampilan dari Ghea Indrawari dan Nadhif Basalamah, serta beragam fun activity dengan bingkisan menarik.

Untuk diketahui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mencatatkan bahwa kuliner merupakan subsektor penyumbang terbesar dari Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif. Subsektor kuliner menyumbang Rp455,44 triliun alias sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi imajinatif tahun 2020 sebesar Rp1.134 triliun.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com