Boeing Akan Naikkan Gaji Pegawai 25 Persen

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 10 Sep 2024 14:35 WIB

Boeing bakal meningkatkan penghasilan tenaga kerja sebesar 25 persen dan menambah armada pesawat baru. Boeing bakal meningkatkan penghasilan tenaga kerja sebesar 25 persen dan menambah armada pesawat baru. (AFP Photo/Jim Watson).

Jakarta, CNN Indonesia --

Boeing bakal menaikkan gaji karyawan sebesar 25 persen dan menambah armada pesawat baru.

Kebijakan itu mereka ambil setelah mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja nan mewakili lebih dari 32 ribu pekerja perusahaan di wilayah Barat Laut Pasifik AS.

Kebijakan ini mereka ambil demi mencegah terjadinya mogok kerja nan rencananya terjadi mulai 13 September 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip Reuters, kebijakan ini merupakan keberhasilan krusial bagi CEO baru Boeing, Kelly Ortberg, nan mulai menjabat bulan lampau dengan mandat untuk memperbaiki kualitas di perusahaan kreator pesawat tersebut.

Kesepakatan kerja penuh pertama dalam 16 tahun ini juga bakal mencakup faedah pensiun nan lebih baik dan memberikan serikat pekerja lebih banyak pengaruh dalam sistem produksi mengenai keselamatan dan kualitas.

Serikat pekerja menyebutnya sebagai perjanjian terbaik nan pernah mereka negosiasikan dan menggambarkan pekerja serikat sebagai komitmen untuk membangun pesawat berkualitas.

Boeing sedang menghadapi krisis kualitas dan  pengawasan dari regulator serta pelanggan, setelah sebuah penutup pintu pada jet MAX baru nan nyaris copot saat terbang di Alaska Air pada Januari.

Pekerja Boeing bisa menolak kesepakatan ini jika mendapat support kurang dari mayoritas. Sehingga mogok kerja mungkin terjadi jika dua pertiga mendukung penghentian kerja dalam pemungutan bunyi kedua.

Boeing dan pesaingnya, Airbus, sedang berada di tahap awal merancang strategi untuk pengganti model satu lorong terlaris mereka nan diperkirakan bakal memasuki jasa pada akhir 2030-an.

Keputusan Boeing untuk berkomitmen lebih awal ke pusat pembuatan pesawat utama mereka di Barat Laut untuk model-model baru bertentangan dengan upaya sebelumnya untuk bersaing di lokasi-lokasi berbeda, nan telah membikin IAM merasa tidak puas.

"Ini bakal selaras dengan model-model unggulan kami nan lain, artinya keamanan pekerjaan untuk generasi nan bakal datang," kata CEO Boeing Commercial Airplanes, Stephanie Pope, dalam pesan kepada karyawan.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com