Basuki Ungkap Testimoni Pilot yang Mendarat di IKN: Aspalnya Menggigit

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 12 Sep 2024 18:42 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap testimoni pilot nan mendarat perdana di IKN memuji kualitas aspalnya bagus. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap testimoni pilot nan mendarat perdana di IKN memuji kualitas aspalnya bagus. (Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenhub)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengungkap testimoni pilot yang telah mendarat secara perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Kamis (12/9).

Basuki bercerita pilot mengakui pendaratan terjadi dengan baik dan runway alias aspal Bandara IKN mempunyai kualitas nan baik juga.

"Tadi menurut Pak Menhub (Budi Karya Sumadi), nan dilaporkan ke presiden ini bandaranya, menurut pilotnya itu adalah bagus. Jadi menggigit aspalnya nan dirasakan oleh pilot itu," kata Basuki di Istana Negara, IKN Kalimantan Timur, Kamis (12/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Basuki menjelaskan sejak Kamis (11/9) kemarin, Kementerian Perhubungan dan juga Sekretariat Militer telah melakukan pengecekan di Bandara IKN. Bahkan, tadi pagi Budi Karya Sumadi juga telah mendarat di airport IKN untuk pertama kalinya.

Ia mengatakan saat ini pemerintah sedang mengupayakan untuk uji coba pendaratan dengan pesawat jenis RJ-85 di runway Bandara IKN. Uji coba dilakukan sebagai persiapan pesawat Presiden nan dijadwalkan mendarat di Bandara IKN pekan ini.

"Dan sekarang sedang diupayakan untuk dicoba dengan RJ-85 nan dipunyai hanya oleh Pelita Air. Nah ini sedang diupayakan," kata dia.

Apabila nantinya airport sudah bisa digunakan oleh pesawat RJ-85, maka bakal langsung dilakukan penerbangan nan membawa Presiden Jokowi dan rombongan terbatas untuk mendarat di IKN.

"Saya mau saya bilang ke Pak Menhub upayakan hari ini bisa dengan RJ-85. Kalau ini sudah, berfaedah Presiden bakal beraktivitas dari airport ini," ujar Basuki.

Menhub Budi Karya sebelumnya mengungkap pesawat jet longitude milik Balai Kalibrasi sukses mendarat di runway Bandara IKN dengan selamat pada hari ini, Kamis (12/9).

Pesawat tersebut terbang dengan kecepatan Ground speed 480 NM/jam alias 880 km/jam alias sudah setara dengan kecepatan pesawat narrow body seperti Boeing 737 alias Airbus 320.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com