Basuki Terbang ke IKN Cek Kesiapan Jelang Jokowi Pindah Kantor Besok

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merangkap Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono bakal berangkat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada siang ini (11/9).

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kesiapan pembangunan landasan pacu Bandara IKN jelang Jokowi berkantor di Nusantara hingga persiapan peletakan batu pertama namalain groundbreaking proyek ke-8 pada 19-20 September 2024 mendatang.

"Iya saya kelak jam 13.00 WIB berangkat ke (IKN)," ucap Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dirinya memastikan pembangunan airport di IKN sudah rampung. Namun, ketika ditanya apakah airport itu sudah bisa dipakai, dia menjawab kudu mengecek kembali dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai layak fungsinya.

"Bandara Insya Allah sudah selesai dan makanya saya mau lihat lantaran besok Pak Presiden (Jokowi) bakal ke sana," jelasnya.

"(Bisa digunakannya) tergantung dengan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) lantaran layak fungsinya dari Kementerian Perhubungan. Tapi menurut kami dari prasarana baik runway, taxi way, dan apron sudah selesai," imbuh Basuki lebih lanjut.

Menurutnya, pembangunan Bandara di IKN hanya tinggal pemasangan rambu penerangan landasan pacu alias runway edge light.

"Saya kira kan kudu ada lampu-lampu dulu itu, mudah-mudahan bisa segera," tuturnya.

Di samping itu, Basuki juga mengatakan Presiden Jokowi bakal melakukan serangkaian groundbreaking saat dirinya berkantor di IKN selain penyelenggaraan nan direncanakan pada 19-20 September mendatang.

"Beliau sudah menyampaikan di media, bukan menetap, tapi kan muter-muter kemana-mana beliau dari operasinya dari IKN termasuk ada groundbreaking nan bakal kita siapkan untuk dilaksanakan," kata Basuki.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan sejumlah perkembangan nan cukup signifikan telah tercapai dalam pembangunan Bandara IKN.

"Pembangunan runway per hari ini telah mencapai 1.975 meter. Ini tetap sesuai sasaran kita. Dalam waktu dekat ini bakal rampung hingga 2.200 meter," jelas Budi dalam pernyataan nan dikeluarkan di Jakarta, Minggu (8/9).

Pada akhir Agustus lalu, runway tetap baru mempunyai panjang 1.025 meter. Pembangunan terus berjalan sigap meski kondisi cuaca terkadang gerimis dan hujan.

Selain runway, sejumlah perkembangan pada area airport telah terlihat. Di antaranya; terminal VVIP nan pembangunannya telah mencapai 90,16 persen

Adapun untuk jalan penunjang akses airport saat ini sudah terbangun di atas 50 persen. Jalan akses utama telah siap 98,53 persen, jalan perimeter barat terbangun 66,96 persen, dan jalan perimeter timur sudah rampung 50,44 persen. Seluruh jalan ini nantinya nan bakal menunjang akses dari dan menuju bandara.

Secara keseluruhan, progres pengerjaan airport telah mencapai 74,79 persen dengan waktu pengerjaan 273 hari. Budi optimis airport bakal selesai dibangun secara keseluruhan sesuai sasaran waktu, ialah pada 31 Desember 2024.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com