Bantal Berteknologi Tinggi-Tahan Api Whoosh Hilang Dibawa Penumpang

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Bantal Whoosh lenyap akibat dibawa oleh penumpang

Berdasarkan info nan disampaikan oleh Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti, bantal itu merupakan akomodasi nan terdapat di sandaran bangku kelas premium ekonomi di rangkaian kereta sigap Whoosh.

Ia mengatakan bantal nan lenyap tidak hanya 1. Berdasarkan pendataan nan dilakukan KCIC sampai dengan Juli 2024, sudah ada 6 kejadian bantal lenyap dari bangku Whoosh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Emir mengatakan kasus tersebut ditelusuri melalui 44 CCTV nan tersedia pada setiap rangkaian kereta. Berdasarkan hasil penelusuran CCTV, terdapat oknum penumpang nan memang sengaja melepas bantal dari sandaran kursi.

"Dari beberapa kasus terdapat juga oknum nan diduga nan dengan sengaja mengambil bantal tersebut," katanya dalam keterangan resmi Sabtu (27/7).

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan akomodasi bantal nan disediakan di setiap bangku kereta Whoosh bermaksud untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Namun, tindakan sejumlah oknum penumpang nan membuka dan melepas akomodasi bantal dari bangku kereta membawa sejumlah akibat negatif nan perlu menjadi perhatian bersama.

"Pada kejadian terakhir di Juli 2024, saat Whoosh nomor G1247 rute Halim - Tegalluar keberangkatan 11 Juli 2024 berakhir di stasiun akhir, petugas pelayanan di atas kereta melakukan pemeriksaan kebersihan dan peralatan nan tertinggal. Didapati 1 buah bangku premium Economy di kereta nomor 6 tidak dilengkapi bantal kepala. KCIC langsung menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan CCTV dan penelusuran info penumpang. Saat ini info penumpang sudah didapatkan dan bakal ditindaklanjuti sesuai prosedur nan berlaku," ujar Eva.

Ia menambahkan tindakan melepas alias mengambil bantal pada bangku kereta berakibat pada rusaknya akomodasi serta berkurangnya kenyamanan penumpang nan dapat membikin penumpang lain tidak bisa menikmati akomodasi ini.

Jika bantal pada bangku kereta lenyap katanya, maka KCIC perlu melakukan pengadaan dan penggantian bantal nan lenyap sehingga terjadi pengeluaran biaya operasional tambahan bagi KCIC.

Padahal, biaya itu semestinya bisa digunakan untuk peningkatan jasa lainnya.

"Bantal ini juga didesain dengan spesifikasi unik nan mempunyai teknologi tinggi. Bantal serta bangku penumpang mempunyai bahan nan tahan api sehingga dalam keadaan darurat, beragam potensi ancaman dapat diminimalisir. Meskipun kecil, kejadian ini cukup merugikan perusahaan dan penumpang lainnya," tegas Eva.

[Gambas:Video CNN]

Karena masalah itu, ia mengimbau kepada seluruh penumpang agar mengikuti patokan dan tidak merusak akomodasi publik seperti melepas bantal pada sandaran bangku kereta.

Menurutnya, perusakan alias pencurian pada kereta Whoosh dapat dipastikan bakal terpantau melalui CCTV.

"Saat ini seluruh area Stasiun, rangkaian kereta dan jalur trase telah dilengkapi CCTV. Secara total terdapat 1.390 CCTV nan terpasang dalam kondisi baik serta terpantau secara khusus," katanya. 

(agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com