Bahlil - Bos Freeport Jamin Situasi JIIPE Terkendali Usai Kebakaran

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 18 Okt 2024 16:35 WIB

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas memastikan situasi di lapangan terkendali usai kejadian kebakaran di JIIPE. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas memastikan situasi di lapangan terkendali usai kejadian kebakaran di JIIPE. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas memastikan situasi di lapangan terkendali dengan baik usai kejadian kebakaran di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

Bahlil menegaskan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Langkah investigasi menyeluruh juga tengah dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Sementara itu, Tony menyampaikan tak ada akibat negatif kepada masyarakat sekitar dan lingkungan. Meski, sempat terjadi kebakaran di unit masam sulfat milik smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) pada 14 Oktober 2024 lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Seluruh tenaga kerja dalam kondisi kondusif dan kami mengapresiasi support dari beragam pihak dalam penanganan ini, termasuk pemerintah daerah, abdi negara keamanan, JIIPE, dan pihak lainnya nan telah bekerja sama untuk memastikan situasi terkendali," tuturnya dalam keterangan resmi, Jumat (18/10).

Pihak JIIPE turut mengonfirmasi bahwa seluruh aktivitas operasional di area industri tetap melangkah normal dan aman. Presiden Direktur JIIPE Bambang Soetiono menyatakan bahwa area industri tetap kondusif.

Bambang menekankan keselamatan dan keamanan tetap menjadi prioritas utama JIIPE.

"Kami berterima kasih atas kerja sigap tim tanggap darurat Freeport serta support dari pemerintah dan abdi negara keamanan setempat sehingga api dapat dipadamkan dengan segera," ucap Bambang.

JIIPE nan merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) juga merupakan obyek vital nasional. Dengan begitu, JIIPE punya protokol keamanan dan keselamatan nan sangat ketat.

Ini digunakan untuk memastikan keberlangsungan dan stabilitas operasional di seluruh area tersebut.

Pihak manajemen JIIPE menyatakan terus berkoordinasi dengan pihak mengenai untuk memastikan kondisi di KEK Gresik tetap aman. Ini dilakukan dengan tetap mendukung keberlanjutan operasional industri para tenant di wilayah itu.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com