Bahlil Bongkar Ribet Investasi Hulu Migas di RI: Ada 300 Izin

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 12 Sep 2024 10:05 WIB

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia membongkar selama ini ada 300 perizinan agar investasi hulu migas bisa masuk ke Indonesia. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia membongkar selama ini ada 300 perizinan agar investasi hulu migas bisa masuk ke Indonesia. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia membongkar selama ini ada 300 perizinan agar investasi hulu migas bisa masuk ke Indonesia.

Menurutnya, perihal tersebut kudu dievaluasi. Bahlil menegaskan pemerintah mau meningkatkan investasi di sektor ini.

"Kami sedang merumuskan langkah-langkah komprehensif dan terukur, khususnya pada izin perizinan. Kenapa? Karena perizinan kita terlalu banyak, ada kurang lebih sekitar 300 lebih izin," ungkapnya dalam video sambutan detikcom Leaders Forum di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nah, ini (perizinan investasi hulu migas) kita bakal pangkas, kita bakal potong!" tegas Bahlil.

Mantan menteri investasi itu juga menegaskan bakal berbincang dengan kontraktor perjanjian kerja sama (K3S). Bahlil mau ada sharing masalah serta sharing pendapatan dengan baik di sektor minyak dan gas bumi.

Ia menekankan semua negara bersaing untuk menggaet investor. Oleh lantaran itu, Bahlil berjanji bakal memberi insentif nan dibutuhkan untuk mendorong masuknya modal asing ke tanah air.

"Kita bakal memperhatikan sweetener-sweetener (insentif) nan mumpuni untuk kemudian bisa kita menawarkan kepada investor. Karena nyaris semua di bumi sekarang itu berlomba-lomba untuk mencari foreign direct investment (FDI) di sektor hulu migas," tutur Bahlil.

Ia menyebut lifting minyak Indonesia saat ini hanya 600 ribu barel setiap harinya. Sedangkan konsumsi dalam negeri mencapai 1,6 juta barel per hari.

Menurutnya, ada kesempatan meningkatkan pendapatan umpama produksi minyak tersebut bisa digenjot. Bahlil menyebut lifiting minyak Indonesia saat ini baru bisa menyumbang pendapatan negara sekitar US$12 miliar alias Rp184 triliun per tahun (asumsi kurs Rp15.415 per dolar AS).

"Nah, jika kita bisa meningkatkan lifting kita maka otomatis pendapatan negara naik, mengurangi impor, pembuatan lapangan pekerjaan, dan perlahan-lahan kita bakal menuju kepada apa nan disebut dengan kemandirian energi," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com