Bahlil Bantah Tudingan Bos AirAsia Harga Avtur RI Termahal Dunia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 12 Sep 2024 16:51 WIB

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia membantah klaim CEO AirAsia Tony Fernandes nan menyebut nilai avtur Indonesia lebih mahal dibanding negara lain. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia membantah klaim CEO AirAsia Tony Fernandes nan menyebut nilai avtur Indonesia lebih mahal dibanding negara lain. (Foto: CNN Indonesia/ Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia membantah klaim CEO AirAsia Tony Fernandes nan menyebut harga avtur di Indonesia lebih mahal dibandingkan negara lain.

Menurutnya, pernyataan tersebut tidak benar. Ia pun bakal mengecek langsung nilai avtur itu ke PT Pertamina (Persero). 

"Saya bakal cek di Pertamina. Tapi setahu saya Pertamina sudah berikan penjelasan kan enggak betul jika dianggap avtur kita termahal di Asia," ucap Bahlil di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, Tony Fernandes menyebut nilai avtur nan tinggi dan pajak dobel di Indonesia menjadi penyebab nilai tiket pesawat lebih mahal dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

Menurutnya, avtur adalah komponen nan berkontribusi paling tinggi terhadap biaya pesawat, dan di Indonesia harganya jauh di atas negara tetangga.

Berdasarkan situs Pertamina, nilai avtur periode 1-30 September 2024 di Bandara Soekarno Hatta (CGK) tercatat sebesar Rp13.211,31 per liter.

"Bahan bakar di Indonesia lebih tinggi dibanding negara manapun alias tertinggi di dunia," ujarnya dalam bincang media di Hotel Fairmont, Kamis (5/9).

Menanggapi klaim itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading Heppy Wulansari memastikan nilai avtur nan mereka jual kompetitif dan mengikuti patokan di Tanah Air.

Menurutnya, nilai Rp13.211 per liter jauh lebih rendah dibandingkan dengan di Singapura nan mencapai Rp23.212 per liter pada periode nan sama.

"Harga publikasi avtur di Indonesia bisa dikatakan cukup kompetitif. Nilai kompetitif nilai publikasi avtur milik Pertamina juga setara dan lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai publikasi per liter di negara nan mempunyai kemiripan lanskap geografis," ujarnya dalam keterangan, Minggu (8/9).

Menurutnya, nilai avtur Pertamina sudah merujuk Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 17 K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Avtur nan Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU).

Selain itu, penetapan nilai avtur juga berasas Mean of Platts Singapore (MOPS) nan menjadi patokan nilai pasar terdekat. Harga avtur juga mempertimbangkan demand volume dari masing-masing airport sesuai gelombang pergerakan pesawat.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com