Tri Winarno Jadi Dirjen Minerba, Ini Profil dan Sepak Terjangnya

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 20 Sep 2024 17:25 WIB

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia resmi mengangkat Tri Winarno sebagai kepala jenderal mineral dan batu bara (dirjen minerba) pada Jumat (20/9). Menteri ESDM Bahlil Lahadalia resmi mengangkat Tri Winarno sebagai kepala jenderal mineral dan batu bara (dirjen minerba) pada Jumat (20/9). (CNN Indonesia/Dela Naufalia).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia resmi mengangkat Tri Winarno sebagai kepala jenderal mineral dan batu bara (dirjen minerba) pada Jumat (20/9).

Pengangkatan Tri Winarno sebagai dirjen minerba tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 130/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian ESDM.

"Dengan demikian saya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, telah melantik kerabat sebagai Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," ucap Bahlil saat pengambilan sumpah dan pelantikan kedudukan dirjen minerba di Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta Pusat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun Tri mengisi posisi dirjen minerba nan sudah ditinggalkan Ridwan Djamaluddin yang tersangkut kasus korupsi. Ridwan divonis 3,5 tahun penjara dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pertambangan bijih nikel IUP PT Antam di Blok Mandiodo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara pada 2021-2023.

Tri Winarno bukan orang baru di lingkungan Kementerian ESDM. Sebelum diangkat menjadi dirjen minerba, dirinya menjabat sebagai kepala pembinaan dan pengusahaan mineral.

Ia sebelumnya menjabat sebagai kepala pembinaan program pengusahaan mineral sejak 2022 hingga awal 2024. Ia juga menjabat kepala subdirektorat pengawasan penerimaan minerba pada 2017 hingga 2022.

Berdasarkan laman resmi PT Borneo Alumina Indonesia (BAI), Tri menempuh pendidikan S1 di UPN Veteran Yogyakarta pada 1997 dan menerima sarjana teknik pertambangan. Kemudian dia menerima gelar magister pengetahuan bumi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2006.

Ia kemudian memperoleh gelar ahli (S3) di bagian teknik pertambangan dari Freiberg University of Mining and Technology pada 2016.

Tri pun sekarang menjabat sebagai komisaris PT BAI sejak 24 Agustus 2022.

[Gambas:Video CNN]

(del/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com