Bahlil Kasih Sinyal Kuat Pembatasan BBM Subsidi Batal 1 Oktober

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 20 Sep 2024 18:53 WIB

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat patokan pembatasan pembelian pertalite dan BBM bersubsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat patokan pembatasan pembelian pertalite dan BBM bersubsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat patokan pembatasan pembelian pertalite dan BBM bersubsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Hal tersebut lantaran patokan mengenai siapa saja nan berkuasa menggunakan BBM bersubsidi tersebut tetap dalam pembahasan.

"Feeling saya belum. Feeling saya belum," ujar dia di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (20/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menegaskan patokan nan bakal berbentuk peraturan menteri (permen) ESDM itu perlu dibahas secara matang agar dapat mencerminkan keadilan.

Mantan menteri investasi itu mau BBM subsidi pertalite diberikan secara tepat sasaran kepada masyarakat nan berkuasa menerima.

"Untuk BBM subsidi sampai sekarang kita tetap telaah ya. Masih telaah agar betul-betul patokan nan dikeluarkan itu mencerminkan keadilan. Apa nan saya maksudkan keadilan? Targetnya adalah gimana subsidi nan diturunkan BBM itu tepat sasaran. Jangan sampai tidak tepat sasaran," tegas Bahlil.

Ia menyebut formulasi patokan pembatasan BBM subsidi kudu sampai di tingkat petani hingga nelayan. Oleh karena itu, Bahlil mengatakan patokan itu sedang digodok hingga siap diberlakukan.

"Yang Insya Allah ya, kelak jika sudah selesai saya kabari," tutur dia lebih lanjut.

Bahlil sebelumnya mengungkap pemerintah saat ini tetap melakukan sosialisasi agar penyelenggaraan pembatasan pembelian BBM subsidi pada 1 Oktober 2024 dapat diberlakukan.

"Memang ada rencana begitu (berlaku 1 Oktober), lantaran begitu aturannya keluar, permen (peraturan menteri)-nya keluar, itu kan ada waktu untuk sosialisasi. Waktu sosialisasi ini nan sedang saya bahas," ujar Bahlil di Kompleks DPR RI, Selasa (27/8).

Kendati, Bahlil belum bisa membocorkan kriteria kendaraan seperti apa nan bakal diperbolehkan mendapat subsidi BBM. Ia mengatakan pembahasan tetap terus berlanjut.

Dikabarkan, pembeli BBM bersubsidi bakal dibatasi kuota maksimal per hari untuk mobil mesin di atas 1.400 cc.

[Gambas:Video CNN]

(del/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com