Timnas Indonesia Wajib Menang Lawan Filipina, Shin Tae-yong Tegaskan Tak Ada Masalah Stres

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan dirinya tak mengalami stres meski dibebani sasaran mengantar anak-anak asuhnya menang di laga terakhir grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina.

Juru strategi asal Korea Selatan mengeklaim dia memang punya sedikit gangguan kesehatan fisik, tetapi perihal itu sama sekali bukan diakibatkan oleh stres jelang melakoni pertandingan penentuan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (11/6/2024) mendatang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia diwajibkan mendulang tiga poin kala menantang anak-anak asuh Tom Saintfiet dalam matchday pemungkas grup F FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Hal itu lantaran pasukan Garuda saat ini menghuni ranking 2 dengan selisih hanya 1 poin dari Vietnam di urutan 3 usai takluk 0-2 oleh Irak, Kamis (6/6/2024) lalu.

Kegagalan meraup tambahan nomor saat menjamu Filipina pun bakal membikin Timnas Indonesia kudu berjuntai pada hasil pertandingan The Golden Star. Apabila Vietnam nan sukses menang melawan Singa Mesopotamia, maka pasukan Garuda dipastikan kudu merelakan tiket putaran selanjutnya jatuh ke tangan musuh bebuyutan.

Terlepas dari krusialnya laga kontra Filipina, pembimbing Timas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan dirinya tak mengalami stres. Para pemain juga diklaim tengah menjalani persiapan dengan baik dalam misinya mengejar tiket ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Sekarang sakit sih tidak, tapi ada flu nan sedikit parah. Hanya masalah batuk saja sebenarnya, tetapi tidak ada rasa stres," ucap Shin Tae-yong membeberkan kondisi kesehatannya jelang menantang anak The Azkals.

"Pemain sama seperti biasa, persiapannya baik," sambung ahli strategi nan pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Berita video pembimbing Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terlihat datang di final Indonesia Open 2024. STY datang untuk berikan support wakil Korea Selatan, An Se-young, melawan wakil China, Chen Yu Fei.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Bangkit dari Kekalahan Melawan Irak

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menegaskan anak-anak asuhnya sudah bangkit dari kekalahan melawan Irak. Sang pembimbing menilai secara permainan, Timnas Indonesia sejatnya tak ketinggalan dibanding Singa Mesopotamia, meski kudu kebobolan dua gol akibat blunder sejumlah penggawa.

"Memang nan namanya pertandingan, bisa menang bisa kalah. Akan tetapi, kita dengan FIFA ranking 134 melawan Irak nan ranking 58, bisa memberikan nan terbaik juga. Dari segi keahlian sebenarnya (Timnas Indonesia) tidak kalah jauh (dibanding Irak)," tutur Shin Tae-yong.

"Kami pun bakal mencoba meningkat terus, jadi minta support dari fans Indonesia. Untuk masalah pemain-pemain nan disebutkan sebelumnya (melakukan blunder di laga kontra Irak), mereka juga sadar dan sedang mempersiapkan diri dengan baik," tambah ahli strategi Timnas Indonesia.

Optimistis Tembus Ronde 3

Sebelumnya, pembimbing Timnas Indonesia Shin Tae-yong turut menunjukkan sikap optimisme jelang menantang The Azkals dalam laga penentuan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia pede anak-anak asuhnya bisa memetik tiga poin di kandang sendiri, terlepas dari hasil jelek nan sempat diterima skuad Garuda di SUGBK, Kamis (6/6/2024) lalu.

"Di grup kita saat ini, memang nan kemungkinan lolos hanya Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan Indonesia punya kesempatan lebih besar untuk lolos ke ronde ketiga dibanding Vietnam, apalagi kita main home," ucap Shin Tae-yong kepada awak media.

"Sebenarnya di laga melawan Irak pun komposisi permainan kita tidak kalah jauh dibanding Irak. Makanya saya tidak cemas jelang pertandingan besok lantaran kita pasti bisa mendapat tiket ronde 3," tambah ahli strategi berumur 53 tahun.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga