Terima Tantangan KNVB, Timnas Putri Indonesia Bakal Uji Coba Lawan Belanda

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Timnas putri Indonesia bakal menghadapi Belanda dalam laga uji coba 25 Oktober mendatang. PSSI menyebut federasi Tanah Air mendapat undangan dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) untuk melakoni duel pada periode FIFA Matchday bulan depan.

Seperti diketahui, PSSI saat ini memang sedang gencar-gencarnya mendorong perkembangan sepak bola putri Indonesia. Tak hanya menunjuk pembimbing Satoru Mochizuki nan pernah membantu membawa Jepang meraih juara Piala Dunia Wanita pada 2011, PSSI juga tak segan menginvestasikan sejumlah besar biaya untuk mengirim Garuda Pertiwi menjalani pemusatan latihan.

Agenda tersebut merupakan bagian dari persiapan timnas putri Indonesia jelang menatap Piala AFF Putri di Laos nan bergulir 23 November hingga 5 Desember mendatang.

Anak-anak asuh Mochizuki sendiri saat ini telah memulai TC di Jakarta dan bakal berangkat ke Jepang untuk melanjutkan pemusatan latihan pada 24 September. Di sana, Garuda Pertiwi bakal menghabiskan waktu kurang lebih sebulan dengan beranjak ke 4 sampai 5 kota dan menjajal setidaknya 7 friendly match.

Timnas putri Indonesia selanjutnya baru dijadwalkan bertolak menuju Belanda selepas tanggal 21 Oktober. Pasukan Merah Putih bakal menjawab tantangan Oranje Leeuwinnen usai menerima undangam langsung dari KNVB untuk beruji coba di negeri kincir angin.

"Mereka (timnas putri Indonesia) di Jepang sampai 21 Oktober, nyaris sebulan. Mereka menjalani TC di sana, di beberapa kota, (mengikuti) 7 pertandingan friendly match, lampau setelah (tanggal) 21 bertolak ke Belanda," ucap Anggota Exco PSSI Vivin Cahyani Sungkono saat konvensi pers d Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

"Federasi Belanda mengundang tim putri Indonesia untuk melakukan FIFA Mathday melawan Timnas Belanda," sambungnya.

Berita Video, ambisi Coach Saturo Mochizuki berbareng Timnas di Piala Asia U-17

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kalah dari Segi Ranking

Di atas kertas, timnas putriI ndonesia sejatinya tak sekuat Belanda. Oranje Leeuwinnen saat ini menduduki ranking 11 bumi berasas update terakhir di situs resmi FIFA pada 16 Agustus 2024. Sementara itu, Garuda Pertiwi hanya bertengger di urutan 104.

Terlepas dari perihal itu, Vivin menungkap pembimbing timnas putri Indonesia Satoru Mochizuki menyambut positif tawaran nan diberikan KNVB. Menurut beliau, perihal ini merupakan kehormatan sekaligus kesempatan nan baik untuk melatih para pemain.

"Jadi waktu ditawarkan, saya sampaikan ke Coach Mochi, apakah kita berani lantaran Belanda (peringkatnya lebih tinggi), sedangkan kita tetap jauh di bawahnya," ungkap Vivin.

"Tapi head coach menyampaikan kita berani, dan kita merasa terhormat lantaran kita diundang datang, bukan meminta. Ini kesempatan nan baik untuk anak-anak putri kita," katanya lagi.

Tim Senior Putra Juga Berpeluang Lawan Belanda

Tak hanya timnas putri, timnas senior putra Indonesia juga berkesempatan menghadapi Belanda di uji coba. Ketum PSSI Erick Thohir mengungkap pihaknya bakal menerima kehadiran perwakilan KNVB dalam waktu dekat untuk menjalin kerja sama jangka panjang.

Kemitraan ini nantinya bakal membuka kesempatan bagi timnas junior hingga senior putra untuk berhadapan dalam uji coba andaikan ada waktu nan memungkinkan.

"Saya minggu depan bakal menerima secara resmi kehadiran asosiasi sepak bola Belanda, nan bakal menandatangani kerja sama dengan kami untuk timnas jangka panjang," ucap Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (21/9/2024).

"Di mana setiap tahun, ada pertandingan antara kita dengan Belanda, baik nan putri, junior, apalagi tim senior putranya bakal datang di Indonesia pada saat slot nan tepat," lanjutnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga