Tampil di Balap Endurance Sirkuit Sepang, Wakil Indonesia Dapat Pelajaran Berharga

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Tim balap Bendix X KDRT menjadi wakil Indonesia di arena balap endurance kelas Asia ialah MSF Merdeka Race nan berjalan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 1 September 2024 kemarin.

Di arena endurance kali ini, Bendix X KDRT turun dengan susunan tiga pembalap antara lain Ridwan Hanif, Muhammad Ichsan, dan Rayhan Tania. Mereka berkompetisi di kelas Standard Production Max dengan menggunakan kendaraan Suzuki Swift Sport ZC31S.

Sejak start, Bendix X KDRT memulai balapan dengan maksimal. Strategi dan kerjasama seluruh tim melangkah dengan baik, apalagi Bendix X KDRT sudah menempati baris depan di lap-lap awal.

Namun sayangnya, M. Ichsan nan turun sebagai pembalap pertama mengalami kesialan. Ia mengalami crash di turn 6 Sirkuit Sepang. Ichsan menjelaskan crash berasal lantaran posisi mobil kurang menguntungkan ketika berada di line luar dengan kondisi track kotor nan banyak tyre marble jejak balap sebelumnya ditambah di lap awal ban tetap dingin.

"Yang memperparah keadaan adalah saat mobil terjebak di gravel, safety car tidak keluar dan tidak dilakukan pemindahan segera. Padahal posisi mobil di gravel saat itu adalah posisi nan sangat berbahaya. Mengingat kondisi track nan licin dan betul saja berselang 2 lap ada pembalap lain nan juga melintir di tikungan nan sama dan langsung berbenturan dengan mobil kita nan tetap terjebak. Mobil nan menabrak sampai terpelanting dan berputar ke udara mengingat speed di tikungan tersebut mencapai 160km/jam," ujar M. Ichsan dalam keterangan tertulis.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga