Sukses Gelar Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung UCI MTB, Kalteng Siap Tandingi Bali dan Jakarta

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Kejuaraan bumi sepeda UCI MTB Eliminator World Cup 2024 baru saja selesai digelar di Sirkuit SG 1973, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (19/5/24). Ke depannya, Kalteng siap menandingi Bali dan Jakarta dalam urusan pariwisata dan menggelar event olahraga internasional lain.

Seri ketiga dalam delapan almanak balap 2024 itu diikuti oleh puluhan negara, termasuk Indonesia dan negara tetangga seperti Thailand, Singapura dan Malaysia.

Gubernur Kalteng, nan juga Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng, Sugianto Sabran senang aktivitas bergengsi ini bisa sukses digelar di wilayahnya. Sugianto menyampaikan terima kasih kepada panitia dan masyarakat Kalteng. Dia menyebut, suksesnya event ini tak lepas dari support mereka.

“Ini merupakan nan ketiga kalinya Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya kota Palangka Raya dipercaya sebagai tuan rumah UCI MTB World Cup 2024,” ucap Sugianto.

"Saya sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh panitia nan terlibat serta masyarakat nan bisa menjaga ketertiban dan keamanan selama berlangsungnya kejuaraan bumi balap sepeda gunung tersebut," ujar Gubernur Sugianto Sabran.

Sugianto juga berambisi UCI MTB World Cup tentunya tidak hanya sekedar aktivitas seremonial semata. Namun, sebagai bagian dari upaya agar Provinsi Kalteng dapat dikenal oleh dunia.

"Ajang ini juga sebagai memperkenalkan wisata dan budaya Kalteng. Tujuannya agar mereka tahu bahwa Indonesia bukan hanya Bali dan kota-kota lainnya," kata Sugianto

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Keuntungan Ganda Gelar Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung

Selain itu, dari gelaran tersebut juga menjadi salah satu multiplier effect bagi perekonomian di Kalteng. Karena dengan adanya event, roda perekonomian khususnya bagi UMKM dapat melangkah dengan kencang.

“Selain itu kita juga memperkenalkan budaya dan kesenian di Provinsi Kalteng, nantinya bakal berakibat pada sektor pariwisata,” tutur Sugianto.

Dia juga berharap, nantinya jika Provinsi Kalteng mendapatkan kepercayaan dari CEO UCI MTB, maka bukan tidak mungkin pada tahun 2025 mendatang event tersebut bakal dilaksanakan kembali di kota Palangka Raya.

"Insya Allah di tahun 2025 kelak semoga Indonesia bisa dipercaya lagi untuk menjadi tuan rumah. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada CEO UCI Pak Kristof dan masyarakat Kalteng," tukas Sugianto Sabran.

Pembalap Selandia Baru Juara

Di arena kali ini pembalap asal Selandia Baru, Lochlan Brown sukses menempati podium pertama. Dia mengakui balapan kali ini sangat luar biasa, terlebih ini adalah kejuaraan bumi pertama kalinya.

"Ya, balapannya luar biasa, saya tidak bisa menjadi lebih baik lagi, untuk saya, ini adalah World Cup pertama saya dan kemenangan World Cup pertama saya," ucap Lochlan Brown usai pertandingan

Lochlan Brown memang mengakui cuaca panas Palangkaraya menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. Terlebih dirinya berasal dari bumi Eropa nan mempunyai suhu dingin.

"Cuaca ya, sangat panas. Saya datang dari musim dingin di Selandia Baru. Jadi, cuaca di Selandia Baru sangat dingin saat ini, jadi datang ke sini sangat-sangat panas, tapi saya berupaya mengaturnya sebaik mungkin dan ya, semuanya melangkah lancar," tambah dia.

Sementara itu, di kategori putri, pembalap asal Belanda, Didi de Vries menjadi nan terbaik dalam series kali ini. Dara elok ini pun mengakui ini adalah pencapaian terbesar dalam pekerjaan dia sebagai atlet sepeda.

"Saya sangat senang memenangkan balapan pada hari ini, ini adalah salah satu pencapaian terbesar saya di tahun ini, saya sangat senang," ucap Didi de Vries.

Hasil Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung di Kalteng

Putra

Juara: Lochlan Brown (Selandia Baru)

Peringkat kedua: Riyadh Hakim (Singapura)Peringkat ketiga: Theo Hauser (Austria)

Peringkat keempat: Lorenzo Serres (Prancis)

Putri

Juara: Didi de Vries (Belanda)

Peringkat kedua: Madison Boissiere (Prancis)

Peringkat ketiga: Deekaballes Vipavee (Thailand)

Peringkat keempat: Amparo Chapa Lloret (Spanyol)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga